Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lakukan Salam Quenelle, FA Dakwa Nicolas Anelka

By Eko Widodo - Rabu, 22 Januari 2014 | 02:09 WIB
Nicolas Anelka
Sky Sports News
Nicolas Anelka

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi meluncurkan dakwaan terhadap Nicolas Anelka pada Selasa (21/1) waktu setempat atas sikap tubuh salam 'quenelle'.

FA menjatuhkan sanksi terkait selebrasi gol Anelka saat West Bromwic Albion berhadapan dengan West Ham United di laga lanjutan Premier League, akhir bulan lalu.

Gaya quenelle, yaitu gerakan menekuk tangan kanan dan mengarahkannya ke pundak kiri, di Eropa dianggap sebagai anti semitic. Penyerang asal Prancis itu kini terancam sanksi lima larangan pertandingan.

"Tercatat pada menit ke-40 di laga tersebut, Anelka melakukan gerakan yang menyerang, tidak pantas, dan menyudutkan, dan berlawanan dengan peraturan FA nomor E3,'' tulis pernyataan resmi FA.

Dalam peraturan FA nomor E3 menyebut, setiap pemain dilarang menyinggung etnis, ras, dan agama tertentu.

"Atas keputusan ini, Anelka diberi waktu untuk mengajukan banding hingga 23 Januari 2014 mendatang. Jika terbukti bersalah, Anelka terancam sanksi selama lima pertandingan," lanjut pernyataan resmi FA tersebut.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X