Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juan Mata Pakai Nomor 8

By Arief Kurniawan - Senin, 27 Januari 2014 | 20:34 WIB
David Moyes dan Juan Mata.
dailymail
David Moyes dan Juan Mata.

Hari ini adalah kesempatan pertama Juan Mata bertatap muka dengan para wartawan, yang disesaki oleh pers Inggris dan Spanyol di Carrington, Manchester. Yang pertama terlontar justru dari @ManUtd bahwa Mata akan memakai nomor punggung 8. Mata ditemani David Moyes pada sesi ini.

Mata tadinya diperkirakan bakal menggunakan nomor keramat United, 7, sebagai pemain berpengaruh buat tim. Nyatanya, justru nomor 8-lah yang digunakan mantan pemain Chelsea yang semasa di The Blues memakai nomor 10. Berikut adalah kutipannya yang diambil dari manutd.com.

Mata: "Saya sangat senang bisa berada di klub ini dan memiliki kesempatan bermain untuk klub sebesar United. Saya ingin memenangi banyak gelar di sini. Sejarah klub ini hebat, para pemainnya berkelas, dan saya mesti mengatakan sambutan buat saya sungguh luar biasa - dari klub dan dari media sosial. Saya sangat berterima kasih dan ingin segera mengembalikan rasa percaya diri saya."

Mata: "Saya ingin membela klub di mana saya bisa bahagia. Saya sangat bahagia sekarang. Man. United adalah klub besar dengan basis penggemar terbanyak di seluruh dunia, jadi ini tantangan besar buat saya. Ini langkah besar dan segalanya akan baik-baik saja bersama klub ini. Saya rasa 8 adalah nomor hebat. Saya tahu 7 adalah nomor keramat di sini dan saya bicara kepada David Moyes tentang itu sebelum akhirnya memutuskan bahwa nomor yang pas buat saya adalah 8."

Mata: "Dalam sejarah Premier League, United memenangi paling banyak gelar. Saya menyukai tekanan ini karena itu membuat saya menjadi lebih baik. Saya ingin segera memberikan yang terbaik dan membuat penggemar mereka yang fanatik ini menjadi lebih tergila-gila. Karena enam bulan terakhir saya tak banyak bermain ini membuat tantangan tersendiri. Saya akan menjernihkan pikiran karena ini kesempatan besar bagi karier saya di sepak bola Inggris."

Mata: "Yang saya suka dari klub ini adalah karakternya. Bila klub lain berada di posisi sepert ini di Liga, mereka tak punya karakter untuk kembali berada di puncak. Tapi United akan bertarung hingga akhir. Mereka selalu mencoba memenangi gelar, bertarung untuk banyak gelar dan selalu bangkit dari masa-masa sulit."

Mata: "Tim ini jelas bagus tapi saat ini kerap mengalami momen tidak menguntungkan. Saya berharap segalanya akan jadi lebih baik hingga akhir musim. Dan itu penting bagi keingingan saya tampil di Piala Dunia. Menjadi bagian dari timnas Spanyol sungguh sulit. Dan saat ini saya mendapatkan kesempatan untuk terus bermain, tetap fit, dan memperlihatkan kepada manajer timnas Spanyol bahwa saya ingin menjadi bagian dari tim. Momen itu sudah datang sekarang, saya ingin bermain sebanyak mungkin dan membantu tim mendapatkan hasil lebih baik. Kalau segalanya berjalan dengan baik di separuh akhir musim, kans saya untuk tampil bersama timnas akan bagus."

Mata: "Saya tak sabar untuk bermain bersama Wayne Rooney. Dia salah satu pemain terbaik dalam sejarah negeri ini - dia bisa mencetak gol, memberikan umpan, dan turun ke bawah untuk merebut bola. Dia pemain yang luar biasa. Saya akan mencoba mencari celah di lapangan dan membantu para penyerang untuk mencetak gol. Untuk Liga Champion, saya rasa kejuaraan itu penting buat klub karena mereka pantas ada di sana."

Mata: "Kurang cukup bermain untuk Chelsea membantu saya menjadi lebih kuat dalam menatap kehidupan. Saya rasa kepindahan saya ke United bagus secara pribadi. Yang paling saya suka dari United adalah (becanda dan tertawa) menerbangkan saya ke sini dengan helikopter dan pertama kali bertemu dengan David de Gea. Klub ini sungguh hebat."

Setelah Juan Mata selesai, David Moyes memberikan beberapa keterangan, di antaranya bahwa kemungkinan Mata bermain besok melawan Cardiff ditentukan dari sesi latihan yang berlangsung hari Senin (27/1) ini. Selain itu, manajer asal Skotlandia itu juga menegaskan bahwa Wayne Rooney, Robin van Persie, dan Marouane Fellaini semua juga berlatih hari ini.

Perihal kemungkinan sambutan buat manajer Cardiff yang juga pemain legenda United, Ole Gunnar Solskjaer, Moyes menyatakan jangan khawatir. "Dia besok pasti akan mendapat sambutan hangat. Dia adalah legenda klub ini," katanya.

Ketika ditanya apakah akan ada pembelian lanjutan setelah Mata, Moyes mengamini: "Iya, setelah ini akan lebih banyak pembelian pemain seperti Juan Mata di masa depan. Jangan ragukan itu."

Setelah Mata dipastikan pakai nomor 8, untuk siapakah nomor 7 itu nantinya? Apakah Cristiano Ronaldo bakal dibujuk kembali ke United, atau buat bintang masa depan mereka, Adnan Januzaj? Hanya Moyes yang bisa memberikan jawaban ini di musim depan.


Editor : Arief Kurniawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X