Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Madrid Sembilan Tahun Beruntun Klub Terkaya Dunia

By Eko Widodo - Sabtu, 25 Januari 2014 | 20:38 WIB
Cristiano Ronaldo, harta karun Real Madrid.
Getty Images
Cristiano Ronaldo, harta karun Real Madrid.

Situs Transfermarkt mencatat angka 16 ,5 juta euro dikeluarkan Real Madrid di bursa transfer awal musim ini. Duit setara 2,7 triliun rupiah itu dibelanjakan untuk merekrut Gareth Bale (91 juta euro), Asier Illarramendi ( 0), Isco ( 0), Dani Carvajal (6,5), dan Casemiro 6).

Jika bicara pengeluaran total, nilai fantastis tadi jelas bukan yang paling tinggi. Ketika Presiden Florentino Perez membangun Los Galacticos jilid II di musim 2009/10, Madrid menghabiskan 257 juta euro untuk memboyong para bintang semisal Cristiano Ronaldo (94 juta euro) dan Kaka (65).

Hanya, pemasukan klub dari penjualan pemain di musim ini juga relatif raksasa, 114 juta euro. Madrid sukses melego Mesut Oezil dengan nilai 50 juta euro ke Arsenal serta Gonzalo Higuain (37), Raul Albiol (12), Jose Callejon (9,5) ke Napoli, dan Pedro Leon (6) menuju Getafe.

Alhasil, perimbangan uang transfer keluar-masuk relatif tak timpang. Pada realitasnya, tanpa pemasukan besar dari jendela transfer pun kondisi finansial Madrid masih sangat oke.

El Real toh tetap kokoh di peringkat teratas daftar klub sepak bola dengan pemasukan terbesar di dunia versi lembaga finansial terkemuka, Deloitte. Pendapatan Los Blancos musim 2012/13 menyentuh angka total 518,9 juta euro atau sekitar 8,5 triliun rupiah. Padahal, salah satu kriteria penghitungan dari Deloitte tak menyertakan pemasukan klub dari transfer.

Sumber: BOLA Harian, Penulis: Rizki Indra Sofa


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X