Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiprah Pemain Indonesia di Luar Negeri (Bagian-1)

By Jumat, 3 Januari 2014 | 14:25 WIB
Risdianto.
Dok.BOLA
Risdianto.

Sejarah mencatat silih berganti pesepak bola Indonesia mencoba peruntungan di luar negeri. Ada yang mengecap madu kesuksesan, ada pula yang gagal beradaptasi dan tampil memukau untuk kemudian kembali menjalani karier di Tanah Air.

Era 1970-an

Risdianto, Abdul Kadir, Jeffry Pranata, Surya Lesmana, dan Hartono
Klub: Mackinons (Hong Kong)
Tahun: 1974-1975

Lima nama ini tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang dikontrak klub luar negeri. Era 70-an, agenda pertandingan yang dijalani timnas cukup banyak sehingga membuat banyak klub Asia tertarik mengimpor pemain Indonesia. Lima pemain timnas tersebut akhirnya diboyong ke Liga Hong Kong meski tidak bersamaan.

Mereka berlabuh di klub Mackinons. Dulu, proses transfer mereka tidak terlalu ribet. Hanya melalui broker pemain, mereka dihubungkan dengan klub tersebut. Alasan finansial menjadi motivasi mereka hijrah ke Hong Kong. “Nominal gaji yang kami dapat di sana 10 kali lipat dari Indonesia,” ujar Risdianto, runner-up skorer top Liga Hong Kong.

Sayang kelima pemain tersebut tidak lama di sana. Dengan alasan kangen dengan Indonesia dan ingin fokus ke timnas mereka mudik setelah mentas di satu musim kompetisi.

Iswadi Idris
Klub: Western Suburb (Australia)
Tahun: 1974-1975

Pada tahun yang sama di medio 70-an, legenda Persija Jakarta, Iswadi Idris, juga dibidik klub luar. Tepatnya di klub Western Suburb Australia selama satu musim.

Transfer pemain yang populer dengan kecepatan dan dribbling cantik itu juga tanpa melewati proses layaknya pemain pro. Sebab, saat itu ia terdaftar sebagai pegawai Marconi, perusahaan yang menyokong klub tersebut.

Hal ini merupakan bagian strategi Kosasih Purwanegara, Ketua Umum PSSI saat itu, yang jeli melihat aturan IOC (Komite  Olimpiade Internasional).


Editor :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X