Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Aspek Tentukan Pembagian Wilayah

By Tulus Muliawan - Jumat, 3 Januari 2014 | 20:39 WIB
Joko Driyono
Herka Yanis/Bolanews
Joko Driyono

klub ke dalam wilayah barat dan timur.

"Pembagian wilayah telah mempertimbangkan aspek geografis, level kompetisi dalam satu grup, dan efisiensi pembiayaan," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.

Aspek geografis dilihat dari letak kandang klub. Klub yang masuk dalam zona Waktu Indonesia Barat umumnya masuk ke Wilayah Barat. Sementara bagi klub yang berdomisili di Waktu Indonesia Timur bergabung dalam Wilayah Timur.

"Ada juga pertimbangan dari kandang yang akan digunakan. Contohnya adalah, Persiba Bantul main di Timur. Itu karena Stadion Maguwoharjo digunakan oleh Persiram Raja Ampat," jelas Joko.

Jadi bagi tim yang bertandang ke Persiram, bisa dijadwalkan langsung berlanjut ke Persiba karena lokasi yang berdekatan.

"Untuk level kompetisi, kami punya metode kualitatif dalam mengukur skor masing-masing wilayah. Di Barat, jumlah skor mencapai 84 (berdasarkan posisi musim lalu). Sedangkan Timur skornya adalah 87. Dengan kondisi ini kompetisi akan menjadi seimbang," lanjut Joko.

Pembagian Grup ISL Musim 2013/14
Wilayah Barat:
Arema Indonesia
Gresik United
Persija Jakarta
Semen Padang
Sriwijaya FC
Persita Tangerang
Persik Kediri
Persijap Jepara
Persib Bandung
Pelita Bandung Raya
Barito Putera

Wilayah Timur:
Persipura Jayapura
Perseru Serui
Mitra Kukar
Persisam Samarinda
PSM Makassar
Persiram Raja Ampat
Persiba Bantul
Persela Lamongan
Persepam Madura
Persebaya Surabaya
Persiba Balikpapan


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X