Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Kalah Telak dari Thailand 1-4

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 12 Desember 2013 | 15:48 WIB
Dedi Kusnandar dan Alfin Tuasalamony lesu setelah Indonesia Kalah dari Thailand
Peksi Cahyo-BOLANEWS
Dedi Kusnandar dan Alfin Tuasalamony lesu setelah Indonesia Kalah dari Thailand

4 dari Thailand di laga kedua babak penyisihan Grup B SEA Games 2013. Empat gol Thailand dicetak Pokkhao Anan, Adisak Kraisom, Pravinwat Boonyong, Thitipan Puangchan, sedangkan satu gol hiburan tim nasional Indonesia U-23 dicatatkan Andri Ibo.

Pelatih Rahmad Darmawan melakukan perubahan komposisi pemain untuk pertandingan kedua Indonesia di Grup B SEA Games 2013 melawan Thailand pada Kamis (12/12) di Stadion YTC Yangoon, Myanmar.

Dalam susunan pemain yang diterima BOLANEWS sekitar 45 menit sebelum sepak mula, Rahmad Darwaman memutuskan untuk memainkan Ferinando Pahabol, Egi Melgiansyah, Bayu Gatra, dan Fandi Eko Utomo sejak menit pertama. Empat pemain tersebut hanya menjadi cadangan kala Garuda Muda menjalani laga pertama melawan Kamboja, Senin lalu.

Empat pemain yang menjadi starter saat melawan Kamboja yang sekarang menjadi cadangan adalah Rizki Pellu, Ramdani Lestaluhu, Yandi Sofyan, dan Dendi Santoso.

Indonesia dibuat terkejut di awal laga. Pertandingan baru berusia satu menit, gawang Kurnia Meiga langsung jebol oleh Pokkhao Anan melalui tendangan dari luar kotak penalti. Thailand memimpin 1-0.

Pada menit ke-19 berawal dari kesalahan Andri Ibo dalam melakukan antisipasi berakibat fatal. Adisak Kraisom yang lepas dari pengawalan dengan tenang melepaskan tendangan ke arah tiang jauh dan tidak mampu dihalau kiper Kurnia Meiga. Thailand pun berhasil menggandakan keunggulan 2-0. Hasil tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua timnas U-23 belum memperlihatkan perbaikan performa yang signifikan. Pada menit ke-50 Andri Ibo kembali melakukan kesalahan fatal dengan melakukan pelanggaran sedikit di luar kotak penalti. Akan tetapi, wasit justru memberikan hadiah tendangan penalti untuk Thailand. Pravinwat Boonyong yang maju sebagai eksekutor berhasil kembali mengubah keadaan menjadi 3-0.

Garuda Muda semakin terpuruk. Berawal dari serangan balik cepat pada menit ke-80 Thailand menambah keunggulan menjadi 4-0. Berawal dari umpan silang Thitipan Puangchan mendapat ruang cukup terbuka dan langsung melepaskan tembakan kaki kanan ke arah pojok kanan tiang gawang Indonesia yang tidak sanggup diantisipasi Kurnia Meiga.

Indonesia akhirnya mampu membongkar pertahanan Thailand pada masa tambahan waktu di babak kedua. Menerima operan dari Alfin Tuasalamony, Andri Ibo langsung melepaskan tendangan keras kaki kanan dan terlalu deras untuk dapat diredam kiper Kawin Thammasatchanan.

Sayang gol tersebut hanya menjadi penghibur. Pasukan Rahmad Darmawan tetap mengalami kekalahan telak 1-4 dari Thailand.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X