Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Sudah Antisipasi Kejenuhan Sejak Awal

By Kukuh Wahyudi - Minggu, 1 Desember 2013 | 18:29 WIB
Timnas U-19
Herka Yanis/Bolanews
Timnas U-19

19 sudah menjalani pelatnas sejak 9 November 2013 di Kawasan Kususma Agrowisata, Batu, Jawa Timur. Kejenuhan menjadi hal yang wajib dihindari oleh Evan Dimas dkk.

Kondisi psikologis yang baik dapat mendukung pemain dalam menerima menu latihan yang diberikan tim pelatih. Menurut pelatih mental yang berkaitan dengan psikologis pemain, Guntur Cahyo Utomo, mengatakan sejauh ini tidak ada kendala yang dialami pemain.

"Saya kira sampai sekarang pemain tidak ada yang mengalami kejenuhan. Ini sangat bagus untuk persiapan ajang selevel Piala AFC U-19. Sebelumnya kami telah berupaya untuk mengantisipasi kondisi seperti itu. Caranya dengan variasi latihan, pindah tempat latihan, dan rekreasi" kata pelatih mental Guntur Cahyo.

Saat ini variasi latihan masih fokus dalam pembenahan fisik. Nursaelan Santoso yang bertanggung terhadap fisik pemain sudah jauh-jauh hari mempertimbangkan psikologis pemain.

"Meski saat ini pemain dalam masa latihan fisik, namun mereka harus tetap senang. Saya menerapkan latihan kepada pemain fun conditioning. Variasi latihan juga saya lakukan agar pemain tidak cepat bosan," tutur Nursaelan.

Pemain juga sudah beberapa kali berekreasi. Tak usah jauh-jauh, kawasan Agrowisata yang mempunyai banyak wahana bermain dimanfaatkan dengan maksimal oleh timnas. Soal waktu, tak ada agenda rutin yang dibuat.

"Satu hal yang terus kami lakukan ialah memberikan kejutan yang menyenangkan. Itulah cara kami menjaga psikologis pemain agar terhindar dari kejenuhan," ucap Guntur.


Editor : Kukuh Wahyudi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X