Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bawa Dua Naturalisasi Brasil, Timor Leste Bahaya

By Eko Widodo - Senin, 2 Desember 2013 | 14:25 WIB
Anggisu Barbosa (5), pemain yang akan mengejutkan di Myanmar nanti.
Arief Bagus/BOLA
Anggisu Barbosa (5), pemain yang akan mengejutkan di Myanmar nanti.

satunya negara di Grup B yang sudah dihadapi Indonesia sepanjang masa persiapan sebelum SEA Games. Kedua tim bermain 0-0 dalam uji coba yang digelar di Sleman (30/10).

Hasil uji coba ini memang bukan gambaran terkini kekuatan kedua tim. Namun, setidaknya pelatih kedua tim sudah memiliki sedikit gambaran bagaimana permainan lawan. Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Timor Leste di SEA Games Myanmar pada 14 Desember.

“Timor Leste adalah negara kecil dan baru, tapi kami bisa menahan imbang Indonesia. Tentu saya gembira dengan hasil ini. Kami berharap bisa tampil makin bagus saat SEA Games,” ujar pelatih Timor Leste, Emerson Alcantara.

Sebagai negara paling baru, kekuatan Timor Leste tak bisa dianggap remeh. Dua tahun lalu, di SEA Games, prestasi Timor Leste lebih bagus dibanding Laos, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Kedatangan Emerson membuat Timor Leste makin berkembang. Pelatih asal Brasil itu menyukai tantangan dan menangani Timor Leste membuat Emerson lebih bergairah.

“Target kami tahun ini adalah tampil bagus di SEA Games. Kami punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim. Kami menjalani TC dan lebih mudah buat saya untuk melakukan seleksi pada pemain baru,” kata Emerson.

Kekuatan Timor Leste bertumpu pada pemain yang merumput di dalam negeri dan luar negeri. Salah satu pemain yang memperkuat klub luar negeri adalah Diogo Santos, yang sempat bermain buat Sriwijaya FC dan Gresik United di LSI. Selain itu masih ada Wellington Rocha yang bermain di Liga Thailand bersama klub Bangkok FC.

Skuad Timor Leste makin solid dengan kehadiran pemain naturalisasi berdarah Brasil. Mereka adalah gelandang Paulo Herber dan Pedro Henrique. Emerson mengakui timnya butuh pemain naturalisasi untuk mengangkat kualitas permainan.

Dengan kualitas permainan seperti sekarang, Timor Leste bisa melupakan mimpi buruk ketika mereka kalah 0-11 dari Malaysia di SEA Games 2009. “Mungkin lima tahun lagi Timor Leste setara dengan negara di ASEAN yang sudah berprestasi di cabang sepak bola, tapi kini kami memiliki kua­litas yang bisa mengejutkan tim mana pun,” ucap Emerson.

Sumber: Harian BOLA




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X