Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jason Kidd Curang, NBA Denda US$ 50 Ribu

By Eko Widodo - Jumat, 29 November 2013 | 10:02 WIB
Jason Kidd, harus membayar mahal kecurangan yang dibuat.
Getty Images
Jason Kidd, harus membayar mahal kecurangan yang dibuat.

NBA akan mendenda pelatih Brooklyn Nets, Jason Kidd, tak kurang dari US$ 50 ribu (sekitar Rp 600 juta). Kidd didenda begitu tinggi karena berusaha curang mencuri waktu untuk sebuah strategi mengalahkan lawan.

Nets udah habis waktu untuk time out saat pertandingan tersisa 8,3 detik dan Nets sedang mengejar Lakers. Kidd tertangkap kamera berbicara kepada guard Tyshawn Taylor agar menabraknya. Dari analisis kamera, sebelum 'ditabrak' Taylor, Kidd bergumam 'tabrak saya'.

Kontak badan itu membuat minuman soda yang dipegang Kidd tumpah. Petugas pertandingan perlu waktu untuk membersihkan lapangan di depan bench Nets. Dalam waktu yang sama, asisten Kidd, John Welch melakukan strategi menyerang, yang biasanya dilakukan saat time out. Celakanya, karena dilakukan cepat-cepat, Welch tak menyadari ada 2 pemain Lakers di kerumunan pemainnya.

Taktik itu tak berguna sebab dua lemparan bebas Jodie Meeks berhasil masuk. Tembakan 3pts Paul Pierce pada possesion berikutnya gagal masuk. Lakers malah mendapatkan dua lemparan bebas dan mengantarkan kemenangan 99-94 atas Nets. Inilah kekalahan ke-11 Nets.

Usai pertandingan, Kidd menolak ia melakukan taktik kotor dan membuat kesengajaan menumpahkan minuman. "Gelas itu meluncur dari tangan saya tanpa sengaja," kata Kidd kepada Yahoo Sports. "Saya tegang menghadapi situasi itu," tambah Kidd.

Namun NBA punya argumen lain untuk menghukum Kidd dengan denda itu. Rekaman kamera dari berbagai sudut, dan analisis ucapan mulut Kidd, adalah bukti kuat yang sulit dibantah.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X