Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dampak Aneksasi Crimea: Prokhorov Pindah ke Rusia?

By Editor Eko Widodo - Kamis, 27 Maret 2014 | 15:06 WIB
Mikhail Prokhorov (ketiga dari kiri), dekat dengan presiden Putin.
Getty Images
Mikhail Prokhorov (ketiga dari kiri), dekat dengan presiden Putin.

Aneksasi Crimea oleh Rusia berdampak luas pada olah raga bola basket. Ukraina mengatakan ke Federasi Bola Basket Internasional, FIBA, mereka tak sanggup jadi tuan rumah Eurobasket 2015. Di NBA, karena loyal kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, pemilik Brooklyn Nets, Mikhail Prokhorov, akan memindahkan perusahaan kepemilikan Brooklyn Nets ke Rusia.

Penarikan aset Rusia di luar negeri karena ancaman dikeluarkannya Rusia dari G-9 oleh Amerika Serikat dan sekutu di Eropa. Presiden Putin tak gentar. Ia pun balik meminta para miliarder Rusia membawa pulang aset ke kampung halaman.

Prokhorov menggunakan nama perusahaan di AS untuk bisa membeli saham mayoritas Brooklyn Nets. Di sisi lain, ia sangat dekat dengan Presiden Putin. Perintah Presiden Putin membuatnya tak punya pilihan banyak.

"Pengalihan kepemilikan akan berlangsung perlahan. Yang pasti, ancaman sanksi pada Rusia dan Presiden Putin sangatlah menyakitkan," kata Prokhorov, kepada ESPN.

"Memang masih sekadar mengancam. Namun, mau tidak mau saya sekarang memikirkan dampak terburuk akibat ketegangan ini," ujar Prokhorov.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X