Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

SEJARAH HARI INI - Kembalikan Tradisi Emas Bola Basket Olimpiade untuk Amerika Serikat, Bintang-bintang NBA Menghapus Aib

By Dwi Widijatmiko - Sabtu, 24 Agustus 2024 | 06:00 WIB
Timnas bola basket Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade 2008, 24 Agustus 2008 di Beijing, China, setelah hanya finis di peringkat 3 pada Olimpiade 2004.
ANTONIO SCORZA/AFP
Timnas bola basket Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade 2008, 24 Agustus 2008 di Beijing, China, setelah hanya finis di peringkat 3 pada Olimpiade 2004.

JUARA.NET - Dalam sejarah hari ini 16 tahun yang lalu, bintang-bintang NBA menghapus aib dengan mengembalikan tradisi raihan medali emas Olimpiade dari cabang olahraga bola basket putra buat Amerika Serikat.

Sejak 1992, atlet-atlet NBA mulai diperbolehkan untuk tampil di Olimpiade.

Para bintang kompetisi bola basket terbaik sejagat itu pun membuat Amerika Serikat mendominasi.

Dimulai dari The Dream Team yang diawaki antara lain oleh Michael Jordan, Magic Johnson, dan Patrick Ewing pada 1992, Timnas Basket Amerika Serikat terus meraih medali emas Olimpiade.

Namun, aib besar terjadi pada Olimpiade 2004.

Tradisi medali emas Amerika Serikat terputus setelah bintang-bintang NBA yang mereka kirim ke Athena, Yunani, hanya meraih medali perunggu.

Saat itu Argentina yang dimotori bintang NBA milik mereka sendiri, Manu Ginobili, menjadi kampiun.

Sepanjang turnamen, timnas basket AS bahkan sampai kalah 3 kali dari Puerto Rico dan Lituania di babak grup serta Argentina di semifinal.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - Terlalu Perkasa buat 5 Lawan, Vasyl Lomachenko Raih Medali Emas Olimpiade 

Performa itu jelas memalukan buat para bintang NBA yang memperkuat pasukan AS.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X