Tak Boleh Sembelih Hewan Kurban di Sekitar Arena Equestrian Pulo Mas

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 3 April 2018 | 20:12 WIB
Kandang kuda yang ada di arena equestrian Pulo Mas, Jakarta Timur.
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Kandang kuda yang ada di arena equestrian Pulo Mas, Jakarta Timur.

Masyarakat di sekitar arena berkuda equestrian Pulo Mas, Jakarta Timur harus mematuhi aturan tertentu, terutama soal pemotongan hewan saat hari raya Idul Adha.

Hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 21 Agustus 2018. Pada momen tersebut, masyarakat muslim di Tanah Air biasanya melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban.

Dalam aturan equestrian internasional, kegiatan seperti itu tidak boleh dilakukan di sekitar arena karena dikhawatirkan bisa menularkan penyakit terhadap kuda-kuda yang ada.

(Baca Juga: Dua Mantan Pelatih Bulu Tangkis Ini Bagaikan Pengkhianat Bangsa bagi Malaysia)

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan peraturan bahwa pemotongan hewan hanya boleh dilakukan dalam radius 1 kilometer dari arena equestrian.

"Dikhawatirkan nanti bersamaan dengan lebaran haji. Pemda sangat baik, berkoordinasi dengan masjid-masjid di sini," kata Project Director Equestrian Pulo Mas, Arsalna Adamarchi, Selasa (3/4/2018).

"Mungkin nanti pemotongan bukan di masjid, tetapi di RPH (Rumah Pemotongan Hewan). Nanti pembagian tetap lewat mesjid, tetapi sudah bukan lagi hewan, melainkan daging," ucap dia.


Tribune penonton yang ada di arena equestrian Pulo Mas, Jakarta Timur.(NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Menurut Arsalna, arena equestrian di Pulo Mas berstandar internasional, sehingga wajib mematuhi aturan yang telah ditetapkan federasi.

Semua itu dilakukan demi kesuksesan Indonesia sebagai penyelenggara ajang multi-event Asian Games 2018 yang akan diikuti puluhan negara Asia.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X