Siman Sudartawa Tembus Babak 16 Besar pada Kejuaraan Dunia 2017

By Minggu, 30 Juli 2017 | 13:33 WIB
Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa (kiri), berpose dengan pelatihnya Grant Stoelwinder setelah lolos ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Renang FINA di Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017).
PRSI
Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa (kiri), berpose dengan pelatihnya Grant Stoelwinder setelah lolos ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Renang FINA di Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017).

I Gede Siman Sudartawa menjadi perenang Indonesia pertama yang menembus babak 16 besar kejuaraan dunia pada pertandingan di Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017).

Siman yang turun di nomor spesialisnya yakni 50 meter gaya punggung putra mencatat waktu 25,17 detik dan berhak lolos ke semifinal.

Pada babak semifinal, Siman mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dengan mencetak rekor nasional (rekornas) baru yakni 25,04 detik atau mempertajam rekornas lama 25,12 detik. Dari 16 semifinalis, Siman berapa di posisi ke-15. 

"Bersyukur atas pencapaian Siman yang menorehkan sejarah sebagai perenang pertama Indonesia yang masuk 16 besar di kejuaraan dunia. Alhamdulillah, Siman bisa pecahkan rekornas 25,04 detik. Semoga pencapaian yang sangat membanggakan ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi perenang-perenang Indonesia yang lain," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin Rahardjo.

Pelatih tim renang Indonesia Albert Sutanto, mengatakan bahwa tim pelatih memiliki keyakinan Siman akan lolos ke semifinal karena lolos kualifikasi A untuk kejuaraan ini.

Namun, tim pelatih sedikit khawatir karena berdasarkan pengalaman uji coba di kawasan Asia Tenggara, perenang Indonesia sulit mengeluarkan kemampuan terbaik di sesi penyisihan pagi hari.

Baca juga:

"Siman punya tekad kuat masuk semifinal, jadi dia mampu mengatasi segala kesulitan. Hasilnya, dia mampu mencatat torehan 25,17 detik atau hanya terpaut 0,02 detik dari rekornas miliknya 25,12 detik," tutur Albert.

"Pada babak semifinal, Siman memperbaikinya dengan mencetak rekornas baru 25,04 detik. Semoga pengalaman pertamanya di semifinal bisa dijadikan motivasi tersendiri saat tampil pada SEA Games 2017," ucap Albert.

Sementara itu, hasil positif juga ditorehkan perenang nasional lainnya, Aflah Fadlan Prawira. Dia memecahkan rekornas di nomor 1.500 meter gaya bebas putra.

Pada kejuaraan dunia kali ini, Fadlan mencatat rekornas baru 15 menit 31,27 detik atau lebih cepat dari rekornas lama miliknya 15 menit 34,50 detik.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : PRSI


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X