Indonesia Kirim 534 Atlet pada SEA Games 2017

By Selasa, 1 Agustus 2017 | 14:24 WIB
Tim nasional bola voli putra untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur menjalani latihan di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2017).
RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.COM
Tim nasional bola voli putra untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur menjalani latihan di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2017).

Indonesia akan mengirimkan 534 atlet pada SEA Games 2017 yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus mendatang. Para atlet rencananya didampingi 166 pelatih, manajer, serta ofisial dan 55 perangkat pendukung sehingga total kontingen menjadi 755 orang.

"Keberangkatan kontingen Indonesia akan didanai melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sebesar Rp 30,5 miliar," kata Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewabroto seusai rapat finalisasi SEA Games di Jakarta, Senin (31/7/2017) dalam siaran pers yang diterima JUARA.

"Karena ada kekurangan, Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas) sepakat akan berkontribusi sebesar Rp 5 miliar. Masih ada kekurangan sebesar Rp 6 miliar sebagaimana yang diusulkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI)," ujar Gatot.

Menurut Gatot, masalah dana sudah teratasi karena kekurangan sebesar Rp 6 miliar sudah ditutupi oleh Satlak Prima.

Sementara itu, untuk dana ASEAN Para Games jumlah dana yang dianggarkan mencapai Rp 11 miliar.

"Mengingat waktu yang sangat mendesak, Kemenpora meminta agar nota kesepahaman antara Kemenpora dan KOI sebagai dokumen hukum pemberian fasilitas SEA Games harus dapat dilakukan paling lambat, Selasa (1/8/2017) sore karena banyak kebutuhan yang harus dibelanjakan," tutur Gatot.

Baca juga:

"Anggaran  baru akan cair beberapa hari setelah penandatanganan nota kesepahaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)," ucap Gatot.

Gatot juga mengingatkan kepada Ketua kontingen SEA Games untuk membuat laporan pertanggungjawaban anggaran yang lebih baik dari penyelanggaraan SEA Games sebelumnya.

"Tujuannya, untuk memperkecil dan menghilangkan adanya temuan oleh Badan Pemeriksaan Keungan (BPK)," ucap Gatot.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Kemenpora.go.id


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X