Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Duel Pelatih Jenius di Laga Man City Vs Chelsea

By Sabtu, 3 Desember 2016 | 13:50 WIB
Pep Guardiola dan Antonio Conte (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES, SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES)

Baik Pep Guardiola maupun Antonio Conte dilabeli status jenius dalam soal taktik sepak bola. Siapa yang lebih layak menyandang status tersebut akan ditentukan ketika tim masing-masing, Manchester City dan Chelsea, bersua di Stadion Etihad, Sabtu (3/12), untuk laga pekan ke-14 Premier League 2016-2017.

Penulis: Theresia Simanjuntak 

Pep Guardiola saat ini mungkin terlalu berlebihan disebut jenius, sebab Man City dalam performa yang fluktuatif. Meski demikian, manajer asal Spanyol itu sempat dibanjiri pujian mengenai strategi melatih, terutama ketika masih mengasuh FC Barcelona.

Dunia pernah terkesima dengan taktik tiki-taka ala Guardiola. Permainan menyerang lewat operan pendek dan penguasaan bola tinggi itu membawa Barca arahannya merajai sepak bola Eropa pada 2008-2012.

Di Man City, tiki-taka sepertinya kurang sukses dimainkan karena tidak banyak awak The Citizens yang piawai mengoper kaki ke kaki seperti pemain Barca.

Meski begitu, Guardiola memastikan pasukannya mampu memperagakan permainan menyerang di tiap laga.

Bagaimana dengan Conte? Pelatih asal Italia itu sekarang dinilai sebagai pemilik strategi tiga bek lantaran selalu sukses menerapkannya di klub-klub yang dilatih.

Juventus dan Chelsea merasakan kejeniusan Conte. Sama-sama dikenal lebih akrab dengan taktik empat bek, kedua klub itu berubah tampilan, lebih menarik dengan strategi tiga bek ala Conte.

Lewat taktik ini, Conte amat fokus pada pertahanan yang solid, tetapi tidak lupa untuk menyerang, yang biasanya dilakukan lewat skema serangan balik.

Bukti kesuksesan itu terlihat jelas di Juve, yang menjuarai Serie A tiga musim beruntun pada 2011-2014, bahkan tak terkalahkan pada 2011-2012.

Sementara itu, pengaruh Conte di Chelsea mulai tampak lewat fakta selalu memenangi tujuh gim EPL terkini dan cuma kebobolan satu gol.