Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerman Siapkan Laga Terakhir untuk Duo Schweinski

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 16 Agustus 2016 | 22:22 WIB
Bastian Schweinsteiger menggiring bola saat Jerman melawan Hungaria pada partai uji coba di Veltins Arena, 4 Juni 2016. (PATRIK STOLLARZ/AFP)

Asosiasi Sepak Bola Jerman, DFB, ingin memberi penghormatan terakhir untuk "Schweinski", sebutan akrab Bastian Schweinsteiger (32) dan Lukas Podolski (31), yang pensiun dari Der Panzer.

DFB merencanakan pertandingan testimoni untuk mereka berdua.

Schweinsteiger memutuskan pensiun pada akhir Juli lalu, sementara Podolski menyusul pada Senin (15/8/2016) melalui pengumuman resmi.

Sejak melakukan debut turnamen internasional pada Piala Eropa 2004, Schweinsteiger tampil 120 kali dan Podolski 129 kali.

Mereka berdua menjadi bagian penting perjalanan Jerman selama lebih dari 12 tahun bergabung dengan Die Mannschaft.

Bukan saja menjadi pemain andalan mulai dari era pelatih Juergen Klinsmann hingga Joachim Loew, duo "Schweinski" punya tempat tersendiri di hati para fans.

Mereka bukan saja kompak di lapangan, tetapi dikenal bersahabat karib.

Ketika Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, misalnya, kedua pemain ini membuat sensasi dengan swafoto berupa Schweinsteiger mengecup pipi Podolski.

Karena alasan-alasan itu, DFB merencanakan membuat pertandingan tribut untuk keduanya.

"Basti dan Lukas sudah berperan besar untuk skuat Jerman, DFB, dan sepak bola Jerman pada umumnya. Kesempatan bermain untuk terakhir kali akan sangat berarti untuk mereka. Dengan begitu mereka akan yakin tentang pentingnya kontribusi untuk Jerman," tutur Loew.