Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Singkirkan Sentimentil, Ini Tiga Alasan Nonteknis Mourinho Tepat Mengabaikan Schweinsteiger

By Theresia Simanjuntak - Jumat, 5 Agustus 2016 | 22:35 WIB
Gelandang Manchester United, Bastian Schweinsteiger, tertunduk lesu usai laga Liga Champion kontra PSV Eindhoven pada 15 September 2015 di Eindhoven. (DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES)

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, menuai kritik lantaran mengabaikan dan meminta Bastian Schweinsteiger hengkang. Terlepas dari perlakuan yang kontroversial, Mourinho tepat menilai Basti tak layak masuk dalam rencananya untuk musim 2016-2017.

Sejak kembali dari liburan musim panas pada Kamis (25/7/2016), Schweinsteiger diusir Mourinho dari tim utama United dan dipaksa untuk latihan bersama skuat U-23 Iblis Merah.

Menurut rumor yang berkembang di Inggris, Mou telah menyuruh mantan gelandang tim nasional Jerman itu untuk mencari klub baru karena Basti bukan pemain yang Mou inginkan untuk mengarungi musim baru ini.

Apa yang Mou putuskan kepada Basti telah membuat manajer asal Portugal itu menjadi orang paling dibenci di Jerman. Bagi negara tersebut, Basti seorang legenda.

Orang-orang yang terkait dengan klub yang membesarkan nama Schweinsteiger, Bayern Muenchen, melancarkan protes kepada Mourinho.

"Apa yang terjadi pada Schweinsteiger belum pernah dan tidak akan pernah terjadi di Muenchen," kata petinggi Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, seperti dilansir Deutsche Welle.

"Sikap Mourinho menunjukkan kurangnya sikap hormat kepada seorang pemain terhormat. Menurut saya, metode tersebut aneh," ujar eks pelatih Muenchen, Ottmar Hitzfeld.

Baca Juga:

Kritik tak hanya datang dari Muenchen, tapi juga dari anggota persatuan pesepak bola profesional (FIFPro) asal Slovenia, Dejan Sefanovic.

"Jika hal itu terjadi di Slovenia, kami akan mendakwa Mourinho dan meminta hukuman terberat, tiga tahun di penjara," kata Sefanovic.