Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kutukan Pelatih Asing Persib

By Sabtu, 18 Juni 2016 | 15:40 WIB
Manajer Persib, Umuh Muchtar memberikan keterangan alasan Dejan Antonic mundur dari kursi pelatih Maung Bandung di Bandara Husein Satranegara, Kota Bandung, Minggu (12/6/2016). (FIFI NOFITA/JUARA.net)

Dejan Antonic menambah catatan buruknya sepak terjang pelatih asing Persib Bandung. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu mengundurkan diri sebelum membuktikan kualitasnya.

Penulis: Persiana Galih/Budi Kresnadi

Pria asal Serbia ini menjadi korban keenam Maung Bandung di era Liga Indonesia.

Sebelumnya, lima pelatih asing yang pernah menangani Persib, yakni Marek Andrejz Sledzianowski (2003), Arcan Iurie (2007), Daniel Darko Jankovic (2010), Jovo Cuckovic (2010), dan Drago Mamic (2012), merasakan hal yang sama: dipaksa mundur.

Yang paling mulus adalah perjalanan Juan Antonio Paez (2004). Meski tidak memberikan titel juara, kala itu Paez berhasil menyelamatkan Maung Bandung dari jurang degradasi.


Di masa kepelatihan Juan Antonio Paez, Persib sempat membaik, namun dipenghujung kompetisi nyaris terdegradasi (DOK.BOLA)

Apa yang dirasakan Dejan mirip dengan Marek. Pelatih asal Polandia ini dipaksa mundur bobotoh di enam pertandingan pertamanya.

Dejan mengundurkan diri dari Persib setelah kalah 1-4 dari Bhayangkara Surabaya United, Sabtu (11/6).

Dalam enam pertandingan awal Maung Bandung di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Persib baru meraih satu kali kemenangan.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, mengaku tak mau terburu-buru mencari pengganti Dejan. Sementara ini tanggung jawab pelatih diemban asisten pelatih Herrie Setiawan dan Asep Somantri.