Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Warisan Louis van Gaal yang Tak Diidamkan

By Minggu, 8 Mei 2016 | 09:16 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal, dalam pertandingan ulangan babak perempat final Piala FA menghadapi West Ham United di Boleyn Ground, London, Inggris, pada Rabu (13/4/2016). (IAN WALTON/GETTY IMAGES)

Apa opini Jose Mourinho soal Liga Europa? Pria Portugis itu sama sekali tidak menyukainya, tak merasa kompetisi antarklub Eropa kasta kedua itu layak buat diperjuangkan.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Tak hanya sekali-dua kali Mou mengutarakan hal itu. Ia bahkan pernah secara tak langsung merendahkan pencapaian Rafael Benitez, yang sukses membawa Chelsea juara Liga Europa 2012/13.

 "Saya tak ingin memenangi Liga Europa. Sebuah kekecewaan besar buat saya. Saya juga tidak ingin anak asuh saya merasa bahwa LE merupakan kompetisi yang pantas buat mereka," tutur Mou sekitar tiga tahun lalu.

"LE merupakan kompetisi yang berbeda dengan Liga Champion, dengan level persaingan, pemain, klub yang berbeda. Bukan hal baik buat klub besar bermain di LE dan memenanginya," ucapnya lagi pada Agustus 2015.

Dua ucapan Mou punya konteks yang sama: memacu anak asuh di tim besutannya saat itu, Chelsea, lebih menyeriusi upaya selalu finis di zona LC atau mau mengeluarkan energi ekstra ketika masih bertarung di kompetisi itu.

Ketika Premier League 2015/16 memasuki tengah musim dan The Blues masih tak konsisten, Mou pun secara ironis dan bak menjilat ludah sendiri menganggap bahwa finis di zona LE juga pencapaian bagus.

Sekarang, bagaimana peluang Mou dan Manchester United pada musim depan? Dia punya potensi berpeluh di kompetisi yang tidak disukainya itu.

[video]https://video.kompas.com/e/4873496495001_ackom_pballball[/video]