Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerman Vs Inggris, Persiapan Masa Depan tanpa Wayne Rooney

By Beri Bagja - Sabtu, 26 Maret 2016 | 07:37 WIB
Striker Wayne Rooney mencetak gol kedua untuk timnas Inggris saat melawan Prancis dalam laga uji coba di stadion Wembley, London, 17 November 2015. (SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES)

Wayne Rooney (30) masih melakoni masa rehabilitasi cedera ligamen lutut yang dideritanya saat memperkuat Manchester United pada Februari. Media Inggris menerka-nerka apakah kondisi sang kapten bakal siap tempur pada Piala Eropa 2016 di Prancis.

Rooney mengalami cedera saat melakoni latihan menjelang duel Liga Europa menghadapi Midtjylland (18/2/2016).

Sang penyerang harus menjalani masa pemulihan selama dua bulan.

Konsekuensinya, dia tak tercantum dalam daftar skuat timnas Inggris untuk laga uji coba versus Jerman di Berlin (26/3/2016) dan kontra Belanda di London (29/3/2016).

Muncul kekhawatiran kondisi Rooney belum mencapai level kebugaran seratus persen saat gong Piala Eropa dipukul pada 10 Juni.

Bisa apa Inggris tanpa top scorer sepanjang masa mereka dengan 51 gol itu?

"Jika Rooney fit, dia akan dibawa ke Prancis, tapi tanpa jaminan sebagai starter. Dia kapten kami dan perannya sangat penting," kata pelatih timnas, Roy Hodgson, kepada Guardian beberapa waktu lalu.

Duel uji coba lawan Spanyol dan Belanda akan penting sebagai momen persiapan pasukan Hodgson tampil tanpa Rooney.

Berkaca pada statistik, Inggris mungkin tak perlu khawatir jika sang kapten absen.

Dalam 10 partai tanpa Rooney sejak Piala Eropa 2012, Inggris mencatat rapor bagus dengan 6 kemenangan, 3 kali seri, dan cuma sekali kalah dalam berbagai ajang.