Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hitungan Matematis Valencia, Selamat Tinggal Antarklub Eropa

By Minggu, 20 Maret 2016 | 23:12 WIB
reaksi Gary Neville pada saat Liga UEFA Europe putaran ke 32, leg pertama antara Valencia CF dan Rapid Vienna di Estadi de Mestalla 18 Februari 2016, Valencia, Spanyol. (FOTOPRESS/GETTY IMAGES)

Embel-embel krisis masih setia mengiringi perjalanan Valencia di 2015/16. Klub berjulukan Los Murcielagos alias Si Kelelawar itu terdampar di papan tengah serta terancam kehilangan peluang mengantongi tiket kompetisi antarklub Eropa musim depan.

Penulis : Indra Citra Sena

Surat kabar lokal, Super Deporte, mengalkulasikan seberapa besar kans Valencia mengejar zona Liga Champion dari jalur kompetisi La Liga dan hasilnya adalah nol besar.

Prestasi pasukan Gary Neville diyakini tak akan menembus empat besar klasemen pada pengujung musim.

Penjelasannya, poin Valencia saat ini adalah 34, terpaut 19 dari Villarreal (53) yang menempati peringkat keempat.

Sisa sembilan pertandingan secara matematis memang masih memungkinkan mereka untuk memperbaiki defisit poin.

Namun, hal itu juga bergantung pada hasil pertandingan tim-tim di atas Valencia.

Andai bisa menyapu bersih kemenangan di sisa kompetisi sekalipun, mereka tetap saja bakal gagal andaikan para rival konsisten menambah poin.


Ekspresi pelatih Valencia, Gary Neville, saat timnya dikalahkan Levante dalam pertandingan lanjutan La Liga 2015-2016 di Estadio Ciudad de Valencia, Valencia, Spanyol, pada Minggu (13/3/2016).(DOK AS)

Kondisi kian memprihatinkan dengan adanya siklus tahunan yang menyebutkan tim-tim peraih tiket Liga Champion selama sedekade terakhir ratarata mengoleksi 65 poin. Dengan kata lain, Valencia butuh tambahan 31 poin.