Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemred BOLA Menjawab Pertanyaan Seputar Petualangan Rio Haryanto ke Tim Manor dan Formula 1

By Firzie A. Idris - Kamis, 18 Februari 2016 | 16:18 WIB
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat membela Campos Racing di ajang GP2, di Sirkuit Hungaroring pada musim 2015. (DOK JUARA.NET)

Pebalap andalan Indonesia, Rio Haryanto, secara resmi memastikan tempat di ajang Formula 1 pada Kamis (18/2/2016).

Konfirmasi hal itu datang setelah konferensi pers yang diadakan di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta. Rio akan mewakili Manor bersama Pascal Wehrlein (Jerman).

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban tentang apa saja yang akan dihadapi Rio Haryanto di Formula 1 menurut Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA, Arief Kurniawan, yang telah lebih dari 20 tahun meliput olahraga, khususnya otomotif.


Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, bersama Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA, Arief Kurniawan, di kantor Redaksi BOLA.(FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET)

JUARA.net: Apa Tantangan Terberat Rio di Formula 1 menurut mas Arief?

Arief Kurniawan: Fisik yang prima adalah segalanya di F1. Yang saya maksudkan soal fisik di sini bukan hanya untuk balapan yang maksimal dua jam, tapi juga selama race weekend, traveling around the world, dan kemampuan untuk membuang rutinitas (yang bagi sebagian orang) membosankan.

Apalagi, tahun ini akan menjadi musim terpanjang dalam sejarah F1, bayangkan ada 21 GP dari Maret sampai akhir November!

Fisik prima bukan melulu untuk mengantisipasi G-force yang besar yang ada di mobil-mobil F1 saat ini, akan tetap juga bisa membantu pebalap untuk tetap berkonsentrasi sejak persiapan race weekend dan terutama ketika balapan berlangsung.

Khusus bagi Rio, dia akan mendapat pengalaman tambahan berupa mesti berkonsentrasi penuh memacu kencang mobil sambil berbicara dengan kru pit lewat radio. Guys, ini bukan kayak nelepon pake loudspeaker handphone!

Apakah dia akan lebih bagus dari rookie-rookie F1 tahun-tahun sebelumnya?