Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bulu Tangkis 2015 Masih Milik China

By Kamis, 31 Desember 2015 | 05:30 WIB
Pasangan ganda campuran China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, mengembalikan kok dari pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, pada babak final China Terbuka di Fuzhou, Minggu (15/11/2015). (CHINA OUT/AFP PHOTO)

China masih jadi negara paling dominan dalam persaingan bulu tangkis dunia pada 2015. Mereka berjaya baik di turnamen beregu maupun perseorangan.

China sukses meraih gelar keenam secara beruntun pada turnamen beregu campuran, Piala Sudirman, setelah menundukkan Jepang 3-0 pada partai final di Dongguan, pertengahan Mei.

Secara keseluruhan, ini merupakan gelar ke-10 China dari 14 kali penyelenggaraan event yang dihelat dua tahunan tersebut. Piala Sudirman 2017 akan digelar di Gold Coast, Australia.

Pada Kejuaraan Dunia yang berlangsung Agustus di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, China mendapatkan tiga gelar lewat Chen Long (tunggal putra), Tian Qing/Zhao Yunlei (ganda putri), dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (ganda campuran).

Dua gelar lainnya jadi milik pebulu tangkis Spanyol, Carolina Marin (tunggal putri), dan wakil tuan rumah, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra).

Dominasi Zhang/Zhao

Tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran jadi nomor yang paling dikuasai China sepanjang persaingan tahun ini.

Absennya Lee Chong Wei (Malaysia) pada pertengahan pertama musim karena kasus doping memudahkan Chen Long meraih banyak gelar.


Pemain tunggal putra China, Chen Long, mengembalikan kok dari pemain Denmark, Jan O Jorgensen, pada babak penyisihan grup BWF Superseries Finals di Dubai, Jumat (11/12/2015).(WARREN LITTLE/GETTY IMAGES)

Di turnamen superseries (premier), Chen Long meraih lima gelar, sementara Lee memenangi tiga event terakhir secara beruntun di Prancis, China, dan Hong Kong.