Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juan Cuadrado, Limbung di Persimpangan Jalan

By Jumat, 18 Desember 2015 | 20:13 WIB
Pemain sayap Juventus, Juan Cuadrado, beraksi saat melawan Fiorentina di partai lanjutan Serie A di Juventus Arena, Turin, 13 Desember 2015. (VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES)

Masing-masing satu gol yang disarangkan Juan Cuadrado, Mario Mandzukic, dan Paulo Dybala ke gawang Fiorentina memberi Juventus kemenangan 3-1 akhir pekan lalu. 

Kontribusi yang memastikan tripoin keenam secara beruntun itu menaruh kembali La Vecchia Signora di jalur utama peraih scudetto Serie A 2015-2016.

Massimiliano Allegri kini berani sesumbar. “Kami menuju raihan poin total yang memungkinkan menutup musim di posisi pertama, kedua, atau ketiga. Kami sempat terbentur banyak masalah, tapi kini anakanak sudah bermain baik lagi,” begitu kata sang pelatih, seperti dikutip La Gazzetta dello Sport.

Masalah Juve pada awal musim, yang sempat memaksa mereka berkubang di batas garis zona merah, ada di beragam aspek. Dimulai transisi sepeninggal trio pilarnya, Andrea Pirlo, Arturo Vidal, dan Carlos Tevez, hamparan cedera, hingga belum menyatunya rekrutan anyar.

Kondisi itu cukup membuat pusing kepala Allegri karena dirinya kudu melakoni rotasi personel hingga perubahan komposisi hampir di setiap laga. Skema 3-5-2, 4-3-3, 4-3-1-2, hingga 4-4-2 pun dipraktikkan.

Sisi baiknya, sambil melakukan rotasi, Allegri punya kesempatan untuk terus memperbaiki kinerja.

Seperti kepingan puzzle yang terus tersusun lengkap, saat menginjak Desember Allegri pun sudah memiliki gambaran jelas perihal kekuatan terbaik timnya.

Pemilihan formasi dan materi pemain pun tak lagi sebatas coba-coba, tapi sudah disusun untuk menjinakkan lawan demi lawan.

Tunda Pembelian

Karena itu, wajar apabila belakangan Juve bisa tampil konsisten meski secara berkesinambungan mengalami perubahan skema maupun penghuni starting XI.