Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Analisis Statistik Derby Milan, Dua Raksasa Boros

By Firzie A. Idris - Senin, 14 September 2015 | 20:57 WIB
Gary Medel memperebutkan bola kontra Carlos Bacca dalam laga Inter Milan vs AC Milan pada Minggu (13/9/2015) di Giuseppe Meazza, Milan. (Marco Luzzani/Getty Images)

Inter Milan meneruskan catatan sempurna mereka di Serie A 2015-16 kala menenggelamkan rival sekota, AC Milan, dengan skor 1-0 pada Minggu (13/9/2015). Berikut adalah beberapa statistik menarik dari laga yang dimenangkan oleh gol tunggal Fredy Guarin (58') tersebut.

Statistik dari:

Secara sekilas kita bisa melihat banyaknya peluang yang dibuang-buang kedua tim. Inter hanya mencatatkan 4 tembakan tepat sasaran dari 16 sementara Milan 3 dari 19.

Hal mengkhawatirkan juga adalah bagaimana dalam laga ini, kedua kubu terburu-buru melepas tembakan baik itu Stevan Jovetic dari Inter atau Luiz Adriano, Keisuke Honda, dan Giacomo Bonaventura dari tim tamu.

Hampir 3/4 usaha Rossoneri bahkan berasal dari luar area terlarang. Ironis bahwa justru Inter yang mencetak gol dari jarak jauh, yakni lewat tembakan gledek kaki kiri Guarin.

Fakta tersebut mungkin menekankan ketatnya barisan pertahanan Inter sehingga Rossoneri tak punya pilihan lain selain mencoba peruntungan dari jarak jauh secara terburu-buru.

Padahal, Milan lebih sukses melewati lawan ketimbang Inter. Jurac Kucka menjadi salah satu alasan angka ini begitu besar dengan kelicinannya melewati pemain Inter dalam situasi satu-vs-satu.

Statistik menonjol lain adalah bagaimana Inter dapat melepas dua kali lipat operan sukses di 1/3 akhir wilayah serangan (66 berbanding 31).