Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pergeseran Kekuatan di Bursa Transfer La Liga

By Jumat, 14 Agustus 2015 | 16:25 WIB
Jackson Martinez masih yang termahal sejauh ini di bursa transfer La Liga. (Liga BBVA)

Membelanjakan uang 51 juta euro untuk pemain yang tak bisa dimainkan selama setengah musim? Sebagian klub mungkin akan berpikir berulang kali untuk melakukannya, tetapi tidak jika klub itu adalah Barcelona.

Sampai saat ini, Barcelona masih menjalani sanksi tak boleh berbelanja pemain dari FIFA, yang penerapannya sebetulnya cuma larangan untuk mendaftarkan personel baru dalam dua jendela transfer La Liga.

Sebagai buktinya, Barca masih berani mengeluarkan uang belanja setara 770 miliar rupiah buat merekrut dua personel anyar: Arda Turan dari Atletico Madrid dan Aleix Vidal asal Sevilla.

Padahal, manajemen Blaugrana dan pelatih Luis Enrique paham risikonya. Arda dan Vidal tak bisa bermain sampai Januari akibat penerapan sanksi tersebut.

Kendati beda alasan, situasi itu mirip musim lalu ketika Blaugrana memutuskan mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool. Suarez tidak boleh bermain hampir setengah musim juga karena sanksi FIFA akibat menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.

Barangkali fakta bahwa Suarez masih mampu segera nyetel dan malah bisa menjadi personel kunci Blaugrana sepanjang paruh kedua musim lalu membuat Barca belajar dan tak ragu mendatangkan Arda serta Vidal.

Apalagi situasi transfer juga memaksa Barca bergerak cepat. Arda meminta pergi, yang berarti ia bisa dibeli siapa pun. Menunggu hingga Januari untuk merekrutnya berpotensi membuatnya berubah pikiran dan memilih klub lain.

Hanya, Arda bukan Suarez. Tak elok membandingkan dua individu dan potensi dampak yang bakal mereka berikan ketika Arda sudah bisa bermain. Masih harus dinanti juga bagaimana efek psikologis maupun fisik terhadap pemain top yang tak berlaga kompetitif selama setengah musim.

Valencia dan Atletico

Transfer Arda dan Vidal adalah kisah yang menarik, tetapi bukan protagonis di bursa transfer musim panas La Liga kali ini.

Atletico Madrid kembali menjadi sorotan utama pada bursa transfer sejauh ini. Bagaimana tidak, Los Colchoneros sejauh ini berstatus raja transfer tak hanya di Spanyol, tapi juga di Eropa!