Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Melirik Cara Bermain Liverpool dengan Benteke

By Firzie A. Idris - Minggu, 19 Juli 2015 | 17:59 WIB
(AFP)

Christian Benteke di ambang menjadi striker Liverpool setelah kubu Reds dan Aston Villa menyetujui paket pembicaraan transfer senilai 32,5 juta pound. Apakah ia striker yang dicari Brendan Rodgers setelah kepergian Luis Suarez dan bagaimana permainan Liverpool musim depan dengan Benteke di tim? Mari kita analisa pertanyaan-pertanyaan itu.

Benteke akan menjalani tes medis bersama kubu Anfield antara Senin (20/7/2015) dan Selasa (21/7/2015) di London. Ia akan menjadi salah satu pemain termahal sepanjang sejarah Liverpool.

Mari kita pertama membahas harga. Berbicara pemain ofensif, banderol 30-35 juta pound secara historis akan mendatangkan Anda kualitas seperti Alexis Sanchez di Arsenal (30 juta), Sergio Aguero di Man City (32 juta), atau Juan Mata di Man United (31 juta).

Namun, ada kalanya penyerang-penyerang di kisaran harga ini memble. Sebut saja Juan Sebastian Veron (29 juta, Lazio ke Man United), Robinho (30 juta, Real Madrid ke Man City), dan Andriy Shevchenko (31 juta, Milan ke Chelsea).

Setelah harga, kita akan membahas kebutuhan. Tanpa dipungkiri, Liverpool perlu pemimpin barisan depan baru. Catatan 52 gol dari 38 laga liga musim kemaarin adalah yang terendah di tujuh besar klasemen. Terlebih, dua pencetak gol terbanyak mereka di liga, Steven Gerrard (9) dan Raheem Sterling (7) telah pergi.

Gol dalam Rentetan

Benteke bisa mencetak gol di Premier League. Hal tersebut bukan rahasia lagi. Ia telah mencetak dobel digit gol di liga sejak bergabung bersama Aston Villa pada musim panas 2012. Musim lalu, catatan 13 golnya lebih banyak lima biji dari torehan Rickie Lambert, Mario Balotelli, Daniel Sturridge, dan Fabio Borini digabung.

Namun, ia punya kebiasaan untuk mencetak gol dalam rentetan. Konsistensi masih jauh dari kamusnya. Ia mencetak 12 gol dalam 13 laga jelang akhir musim untuk mengangkat Villa dari zona degradasi setelah sebelumnya hanya membukukan tiga dari 21.

Musim sebelumnya, ia mencetak empat gol dari empat laga awal liga, mandul hingga Desember, dan mencetak enam gol dari 10 laga antara Januari-Maret, sebelum cedera achilles tendon parah.

Nah, Ini menjadi poin bahasan kita berikutnya. Liverpool akan membelanjakan harga premium bagi pemain yang absen selama enam bulan terakhir kompetisi 2013-14 dan tak berpartisipasi di Piala Dunia 2014 karena cederanya.