Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Victor Moses Punya Masa Lalu Menyedihkan

By Randy Wirawan - Rabu, 19 September 2012 | 01:35 WIB
Victor Moses (kiri)
Getty Images
Victor Moses (kiri)

Bagi masyarakat Nigeria, Victor Moses, adalah salah satu panutan. Karier bersama tim raksasa Chelsea dan tiga caps untuk tim nasional, dia catatkan saat usianya baru menginjak 21 tahun.

Namun, siapa sangka, masa kecilnya justru dipenuhi rasa depresi dan kekerasan. Ya, sejak usia 11 tahun, Moses telah menyandang status yatim piatu.

Satu dekade lampau, sebuah konflik antar agama meletus di Kota Kaduna, Nigeria, yang notabene merupakan tempat kelahiran Moses. Ironis, sang ayah Austin, yang berprofesi pastur, menjadi salah satu korban konflik tersebut.

Kaum garis keras memburu Austin hingga ke kediamannya. Sang istri, Josephine dan Moses turut menjadi incaran. Beruntung, Moses tengah bermain dengan teman-teman kecilnya.

Namun, Austin dan Josephine tak dapat lolos dari pembunuhan. Berita kematian kedua orang tua diterima tepat saat Moses berada di jalanan, tempat di mana dia sedang bermain sepak bola kala itu.

Rekan-rekan Austin lantas memberikan suaka pada Moses. Sang bocah dikirimkan ke London Selatan, untuk tinggal bersama orang tua angkat. Misi merajut mimpi telah dimulai.

"Sebuah perjalanan panjang (dari Nigeria) dan aku hanya ingin tetap kuat dan bekerja keras untuk diriku, dalam sepak bola atau bukan," Moses menggambarkan perjuangan hidupnya kepada The Guardian.

Sempat menjalani pendidikan di sekolah teknik, Harris Academy, kecintaan Moses pada sepak bola tak luntur. Hingga pada sebuah kesempatan, seorang pemandu bakat menyaksikan penampilannya pada kompetisi lokal bertajuk Tandridge League. Moses diboyong Crystal Palace.

Pamornya menanjak pada musim dingin 2010. Lima gol ia lesakkan hanya dalam delapan laga. Kegemilangan ini membuat salah satu kontestan Premier League, Wigan Athletic kepincut. Mahar 2,5 juta euro mengiringi transfernya ke DW Stadium.

Kariernya bersama Wigan tak berumur panjang. Musim panas ini, kesempatan emas menghampiri Moses. Juara Liga Champions, Chelsea datang melayangkan proposal. The Latics awalnya tak bergeming. Terlebih, nilai tawaran tim asuhan Roberto Di Matteo jauh dibawah banderol yang ditetapkan.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X