Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Muda, Bergairah, Bergelimang Fulus: Siapa Terbaik?

By Eko Widodo - Jumat, 1 November 2013 | 11:00 WIB
Edinson Cavani (kanan) dan Radamel Falcao, saling bertukar kaos usai laga.
AFP
Edinson Cavani (kanan) dan Radamel Falcao, saling bertukar kaos usai laga.

kira 931,1 miliar rupiah.

Cavani dan Falcao merupakan dua striker terkemuka di Eropa saat ini. Keduanya mencetak lebih dari 20 gol per musim secara teratur dalam beberapa tahun terakhir. Lantas siapakah yang terbaik dari keduanya?

Dari Tabel 1 (LIHAT TABEL DI BAWAH FOTO) Ada banyak kesamaan antara kedua pemain Amerika Selatan ini. Usia mereka hanya selisih satu tahun, bermain di level divisi yang sama, dan mempunyai bangun tubuh yang relatif sama – Cavani memiliki keunggulan tinggi badan tujuh centimeter.

Yang terpenting, meskipun, keduanya merupakan pencetak gol luar biasa dan mengingat bahwa mereka berdua berasal dari Amerika Selatan dan muncul pada waktu yang sama di panggung Eropa, maka untuk saat ini kita hanya bisa mengandalkan data statistik sebagai pembanding.

Kita bisa beralih ke Football Database Manager untuk mereview kualitas kedua dalam beberapa atribut kunci yang diperlukan untuk menjadi seorang penyerang tengah.

Statistik Tabel 2 (LIHAT DI BAWAH FOTO) berdasarkan pengamatan atas penampilan keduanya secara reguler, terlihat hampir tak ada perbedaan antara keduanya dalam hal kemampuan dasar. Keduanya hebat di dalam dan sekitar area penalti, mereka juga bagus dalam penguasaan bola, dan mampu bermain sebagai penghubung.

Statistik musim lalu juga kembali memperlihatkan kesamaan luar biasa dalam permainan mereka. Dalam statistik yang dirilis Whoscored, kedua pemain memiliki rata-rata mengumpan 0,9 di tiap pertandingan liga, Cavani membuat 1,1 dribbel per pertandingan, sedangkan Falcao 1. Lantas untuk umpan yang sukses (mencapai sasaran), Falcao memiliki rata-rata 81,9 persen dan Cavani mempunyai rata-rata 79,9 persen.

Keduanya hebat di dalam dan sekitar area penalti, mereka juga bagus dalam penguasaan bola, dan mampu bermain sebagai penghubung. Meskipun mudah untuk mengatakan bahwa kedua bagus dalam bagian tertentu dalam permainan, ada sedikit pembeda diantara mereka secara statistik.

Tabel 3 (LIHAT DI BAWAH FOTO) memperlihatkan, bahkan dalam kontribusi gol serta assist selama lima musim terakhir ada sedikit selisih yang membedakan duo ini. Falcao sedikit unggul dalam mencetak gol, Cavani sedikit unggul dalam memberikan assist.

Lebih Fleksibel


Editor : Josep Lopiwudhi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X