Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arda Turan, Buah Setahun 'Bersekolah'

By Sabtu, 31 Desember 2016 | 14:28 WIB
Pemain Barcelona, Arda Turan tengah mengejar bola dalam laga UEFA Champions League kontra Borussia Moenchengladbach di Camp Nou, 16 Desember 2016.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Pemain Barcelona, Arda Turan tengah mengejar bola dalam laga UEFA Champions League kontra Borussia Moenchengladbach di Camp Nou, 16 Desember 2016.

Lionel Messi menutup tahun 2016 sebagai el pichichi Barcelona berkat 23 gol yang diraihnya di seluruh kompetisi 2016/17. Dengan 15 golnya, Luis Suarez menyusul di tempat kedua. Nah, yang menarik muncul nama Arda Turan di posisi ketiga, bukannya Neymar yang selama ini melengkapi trio tertajam Blaugrana.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Turan sudah mengumpulkan 11 gol. Sebanyak dua dicetaknya di panggung La Liga, empat di Liga Champion, dua di Supercopa de Espana, dan tiga di Copa del Rey.

Distribusi merata ini membuat gelandang asal Turki tersebut menjadi satu-satunya personel Camp Nou yang bisa mengemas gol di keempat pentas yang diikuti Barca.

Boleh percaya boleh tidak, tapi 11 gol Turan ini menjadi salah satu koleksi tertinggi sepanjang dirinya berkarier sejak 2004/05 itu.

Gol terbanyak Turan lahir di 2008/09 dan 2009/10, berupa 12 dan 11 gol, tatkala lelaki 29 tahun ini masih berseragam Galatasaray, klub pertamanya.

Di Atletico Madrid, klub yang dibelanya selama empat musim sebelum hijrah ke Barca pada musim panas 2015, kontribusi terbanyak Turan adalah sembilan gol.

Baca Juga:

 

Sumbangsih optimal tersebut diukir pada 2013/14, musim di mana Los Colchoneros merajai panggung La Liga.

Lantaran ketajamannya ini, wajar apabila nama Turan muncul di berbagai forum perdebatan Barcelonistas.

Cukup banyak yang menyokongnya agar menjadi personel reguler starting XI sebagai pengganti Neymar di wilayah terdepan Barca bareng Messi dan Suarez.

Maklum, torehan gol Turan hampir melebihi setengah dari kumpulan gol Neymar. Meski di sisi lain Neymar mampu mengungguli assist Turan dengan komparasi 13 assist berbanding enam, tapi entah mengapa publik The Catalans lebih menyukai sang penyumbang gol ketimbang pengirim umpan.

Lagipula, dari aspek konsistensi, selain menjadi aktor tunggal pencetak gol di seluruh ajang musim ini, Turan juga menjalani grafik stabil dalam mengoyak jala lawan.

Rataan menit per gol Turan adalah 105 menit per satu gol (11 gol dari total 1.156 menit). Sementara itu, Neymar hanya mencatat rataan 269,5 menit per satu gol (enam gol dari total 1.617).

[video]http://video.kompas.com/e/5262860732001[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.729


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X