Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chelsea 3-4-3, David Luiz = Leo Bonucci

By Kamis, 17 November 2016 | 16:46 WIB
David Luiz menjalani pemanasan bersama Paris Saint-Germain, menjelang laga Ligue 1 kontra Nice, di Parc des Princes, 2 April 2016.
MARTIN BUREAU/AFP
David Luiz menjalani pemanasan bersama Paris Saint-Germain, menjelang laga Ligue 1 kontra Nice, di Parc des Princes, 2 April 2016.

Pertahanan Chelsea sangat solid sejak Antonio Conte mengubah sistem timnya menjadi 3-4-3 sejak awal Oktober. Dalam lima laga Chelsea memakai sistem itu, gawang Thibout Courtois tak pernah kebobolan!

Penulis: Christian Gunawan

Tentu bukan hanya karena Courtois kiper top, tetapi juga karena teman-teman di depannya. Salah satu pemain yang langsung cocok dengan sistem anyar Conte adalah David Luiz.

Sosok yang unik mengingat Jose Mourinho tak suka dengan karakter bermain Luiz. Mou tak suka pemain belakang yang terlalu sering menguasai bola. Terlebih Luiz bukan dikenal sebagai bek yang disiplin soal posisi.

Pria berusia 29 tahun ini memang punya kemampuan dribel lumayan, maklum di awal kariernya ia merupakan gelandang serang.

Tetapi, yang membuat Luiz terkadang memicu frustrasi adalah pembuatan keputusannya yang kerap ceroboh.

Namun, kini bersama Conte bek asal Brasil itu berubah. Selain sudah lebih matang, karakter Luiz cocok dengan sistem tiga bek yang diinginkan Conte. Luiz menjadi bek sentral di antara tiga bek tengah.


Bek Chelsea, David Luiz (kanan), tepuk tangan ke arah penggemar setelah melakoni pertandingan Premier League kontra Arsenal di Stadion Emirates, London, Inggris, 24 September 2016.(PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Ia malah mendapat tugas lebih sebagai seorang gelandang ketimbang bek tengah. Eks Benfica itu menjadi pemain yang menginisiasi serangan The Blues.

"Ketika bermain dengan tiga bek di pertahanan, Anda pasti mencoba membangun serangan dari belakang ke para gelandang, sehingga peran gelandang lebih pada menciptakan peluang di depan," ujar Luiz sedikit mencoba menggambarkan taktik baru Chelsea itu.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X