Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jadi Korban Pelemparan di Valencia, Pemain Barcelona Dianggap Memalukan

By Beri Bagja - Kamis, 27 Oktober 2016 | 00:45 WIB
Reaksi para pemain FC Barcelona ketika insiden pelemparan oleh suporter Valencia terjadi dalam partai La Liga di Stadion Mestalla, 22 Oktober 2016.
JOSE JORDAN/AFP
Reaksi para pemain FC Barcelona ketika insiden pelemparan oleh suporter Valencia terjadi dalam partai La Liga di Stadion Mestalla, 22 Oktober 2016.

Komite Kompetisi La Liga mengeluarkan vonis Valencia dan FC Barcelona sama-sama bersalah dalam insiden pelemparan botol pada pengujung laga kedua tim di Mestalla, Sabtu (22/10/2016).

Barcelona menang tipis 3-2 dalam duel sengit di kandang Valencia itu. Gol penentu kemenangan El Barca dicetak Lionel Messi melalui tendangan penalti pada menit terakhir.

Selebrasi gol Messi menjadi pemicu insiden. Para pemain Barcelona merayakannya secara emosional di depan tribune suporter tuan rumah.

Kerumunan pemain Barca lantas bubar ketika botol plastik (dan diklaim objek-objek lain) melayang ke arah mereka dari tribune.

Neymar dan Luis Suarez memegangi kepala dan tersungkur. Messi pun murka ke arah fans Valencia. Dari sudut pandang kubu Barcelona, mereka merasa menjadi korban.

Akibatnya, Komite Disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menjatuhkan denda 1500 euro (Rp 21,3 juta) pada Valencia dan ancaman menggelar laga kandang tanpa penonton jika insiden sama terulang.

Pihak Barca juga dituding bersalah karena reaksi perayaan gol mereka itulah yang memicu terjadinya insiden. Gestur Neymar yang agresif terhadap penonton dianggap memancing amarah fans Valencia.

Selain itu, reaksi sejumlah awak Barcelona saat insiden terjadi dinilai sebagai aksi teatrikal dan berlebihan. Neymar cs dituding berpura-pura kesakitan dan cedera walau cuma dikenai botol plastik.

Presiden La Liga, Javier Tebas, mengatakan para pemain El Barca bertindak memalukan.

"Aksi itu seperti permainan boling karena sejumlah pemain jatuh secara bersamaan. Mungkin mereka cedera karena terkena cipratan air. Saya tidak suka itu. Kami harus mengenyahkan perilaku seperti itu," ucap Tebas kepada Sportyou.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Sport, FC Barcelona


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X