Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Setahun Klopp di Anfield, Jauh dari Sempurna

By Minggu, 9 Oktober 2016 | 10:08 WIB
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, merayakan kemenangan timnya atas Swansea City dalam pertandingan Premier League di Stadion Liberty, Swansea, Wales, 1 Oktober 2016.
JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, merayakan kemenangan timnya atas Swansea City dalam pertandingan Premier League di Stadion Liberty, Swansea, Wales, 1 Oktober 2016.

“Kapan setahun saya? 8 Oktober? Tidak. Saya jamin tak ada perayaan. Saya tak punya waktu untuk itu.”

Penulis: Rizki Indra Sofa

Pekan ini memang menandai setahun gempita Juergen Klopp melatih Liverpool. Ia menggantikan Brendan Rodgers. Klopp resmi ditunjuk per 8 Oktober 2015.

Ia menandai kedatangan ke riuhnya sepak bola Inggris dengan salam The Ordinary One alias Si Biasa Saja.

Tidak sedikit yang meragukan kualitas pria biasa-biasa saja itu. Dasarnya pun sederhana, sepak bola Jerman berbeda jauh dengan Premier League Inggris, baik itu dari kultur, gaya main, bahasa, dan banyak faktor lainnya.

Kesuksesannya bareng Borussia Dortmund tak berarti apa-apa. Secara bombastis, banyak pula yang memprediksi dia akan gagal di Anfield.

Seperti yang juga diutarakan Klopp, setahun bisa terlalu pendek untuk mengukur kinerja seseorang. Meski begitu, setidaknya sudah banyak hal positif yang ia buktikan.

Gol-Kebobolan

Klopp punya ide jelas akan permainan Liverpool. Pelan tapi pasti, Philippe Coutinho cs. sudah mengejawantahkan keinginannya meski sesuai standarnya, masih jauh dari sempurna.

Potret paling pas jelas performa The Reds awal musim ini yang bak buah simalakama. Di satu sisi, ofensivitas yang diharapkan begitu terlihat. The Reds bikin 18 gol dari tujuh partai awal EPL, terbaik sejak 2009/10.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.705


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X