Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inter Vs Juventus: Rivalitas Semu Dua Raksasa

By Minggu, 18 September 2016 | 16:09 WIB
Aksi penyerang Inter Milan, Citadin Eder, saat melawan ChievoVerona dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Stadion Marcantonio Bentegodi, Verona, pada 21 Agustus 2016.
DINO PANATO/GETTY IMAGES
Aksi penyerang Inter Milan, Citadin Eder, saat melawan ChievoVerona dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Stadion Marcantonio Bentegodi, Verona, pada 21 Agustus 2016.

Derby d’Italia. Istilah ini mengacu pada pertarungan dua raksasa Serie A, yakni Internazionale Milano versus Juventus.

Penulis: Indra Citra Sena

Latar belakangnya jelas. Baik Inter maupun Juventus merupakan tim yang paling lama bertahan di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Italia sekaligus paling sukses dengan perolehan titel domestik (Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italiana) masing-masing 30 dan 50.

Belakangan, istilah derby d’Italia terasa kurang pas untuk ditonjolkan dalam pertandingan Inter kontra Juventus. Alasannya tak lain karena satu kubu tampak begitu dominan dibanding sang rival.

Baca juga:

Dalam kurun waktu lima musim terakhir, Juventus bisa dikatakan superior dan lebih sering menang atas Inter. Sebanyak tujuh dari 12 kali pertemuan (58 persen) sejak edisi 2011-2012 dimenangi oleh La Vecchia Signora alias Si Nyonya Tua.

Sebaliknya, Inter cuma pernah dua kali mengalahkan Juventus (16 persen), sedangkan tiga partai lain berakhir imbang.

Angka-angka tersebut mengindikasikan bahwa derby d’Italia tidak lagi seketat awal milenium ketiga, di mana kedua tim sama-sama menghuni papan atas klasemen Serie A.

Dari segi permainan, Inter hanya menyulitkan Juventus tanpa bisa memegang kendali sepenuhnya atas sang rival.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.669


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X