Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penggemar Arsenal di Indonesia, Berdebar Campur Optimistis

By Lariza Oky Adisty - Minggu, 14 Agustus 2016 | 16:00 WIB
Para pemain Arsenal merayakan gol ke gawang Manchester City dalam pertandingan persahabatan di Gothenburg, Swedia, 7 Agustus 2016.
NILS PETTER NILSSON/GETTY IMAGES
Para pemain Arsenal merayakan gol ke gawang Manchester City dalam pertandingan persahabatan di Gothenburg, Swedia, 7 Agustus 2016.

Penggemar Arsenal di Indonesia menanti laga melawan Liverpool di Anfield, Minggu (14/8/2016), dengan perasaan terbelah antara berdebar dan optimistis.

Arsenal mencatat 30 kemenangan, 35 kali kalah, dan 26 kali seri dari 91 pertemuan dengan The Reds.

Namun, bukan catatan ini yang membuat penggemar Arsenal berdebar menantikan pertandingan di Anfield nanti, melainkan kondisi pertahanan The Gunners yang tidak terlalu bagus.

Teguh Riyanto (27), penggemar Arsenal asal Jakarta, mengatakan bahwa krisis bek berpotensi merepotkan skuat Arsenal tersebut.

Namun, dia berharap kehadiran kiper Petr Cech dan barisan gelandang bertahan The Gunners bisa membantu mencegah Liverpool menyarangkan gol.

"Gelandang-gelandang seperti Granit Xhaka, Mathieu Flamini, dan Francis Coquelin cukup disiplin bertahan dan kerap mencuri gol, sementara Petr Cech jelas kiper yang bisa diandalkan menangkal serangan. Saya rasa itu bisa jadi modal mencuri poin di Anfield," kata Teguh saat dihubungi, Sabtu (13/8/2016).

Menurut pekerja kreatif di sebuah agensi di Jakarta itu, Mesut Oezil dkk juga harus mewaspadai gaya bermain menekan khas pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

Sebab, jika melihat gaya main Arsenal yang bermain dengan umpan-umpan pendek, bukan tidak mungkin mereka akan kewalahan dengan pressing yang dilancarkan Roberto Firmino dkk.

Perasaan serupa dikemukakan oleh Seno Wicaksono (33), seorang penggemar Arsenal yang berdomisili di Surabaya. Dengan absennya Per Mertesacker sebagai bek tengah, Laurent Koscielny kemungkinan akan ditemani Gabriel Paulista.

"Tantangannya mungkin Gabriel belum setangguh Koscielny menangkal serangan, sementara bek sayap Arsenal cukup sering naik ke pertahanan lawan," tutur karyawan swasta tersebut.

Titik kritis Arsenal bukan hanya pada bek. Baik Teguh dan Seno sepakat bahwa lini depan Arsenal juga belum sepenuhnya meyakinkan.

Penyerang Olivier Giroud kerap angin-anginan. Jika tidak berada dalam penampilan terbaik, dia kerap membuang peluang.

Praktis, alternatif Arsenal untuk mencetak gol ada pada pemain-pemain yang menyokong Giroud, seperti Mesut Oezil, Alexis Sanches, hingga Theo Walcott.

Pembawa acara Eddi Brokoli punya pendapat sedikit berbeda. Dia optimistis Arsenal bisa mendominasi Liverpool pada pekan pertama Premier League.

"Saya rasa pertandingan ini akan berakhir dengan skor tipis atau malah hujan gol, karena kedua tim kekuatannya cukup imbang. Pada pertemuan terakhir di Liverpool, kita juga belum lihat Liverpool sepenuhnya bermain dengan metode Klopp, jadi sekarang saatnya kita lihat," tutur Eddi.

Meski merasa gelandang-gelandang Arsenal bisa menjadi kunci permainan, Eddi juga berharap bahwa kehadiran Giroud bisa menjawab keraguan tentang dirinya.

"Giroud sepertinya akan berbeda musim ini, sementara pemain-pemain muda seperti Chuba Akpom dan Alex Iwobi juga bisa membuat Arsenal semakin kaya," tutur Eddi.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X