Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Football Association Lolos dari Tanggung Jawab Terbesar Tragedi Hillsborough

By Firzie A. Idris - Kamis, 28 April 2016 | 16:55 WIB
Kondisi Stadion Hillsborough di Sheffield, Inggris,  pada 26 April 2016.
MATTHEW LLOYD/GETTY IMAGES
Kondisi Stadion Hillsborough di Sheffield, Inggris, pada 26 April 2016.

Keadilan terhadap Tragedi Hillsborough pada 15 April 1989 telah ditegakkan dengan para suporter Liverpool dinyatakan tak bersalah dalam tragedi yang memakan 96 korban tersebut. Namun, Football Association mendapat kritik keras karena kesalahan mereka dalam memilih venue laga.

Sekitar satu bulan sebelum tragedi semifinal Piala FA itu terjadi, Peter Robinson, CEO Liverpool ketika itu, menelepon Steve Clark, Sekretaris Kompetisi Football Association.

Menurut laporan the Independent, Robinson menelepon Clark setelah mengetahui Liverpool akan kembali bertemu Nottingham di Stadion Hillsborough setelah kedua kubu bersua di tempat sama setahun sebelumnya.

Belajar dari pengalaman tahun 1988, Robinson sadar bahwa Hillsborough tak cocok menangani laga dengan tim yang punya dukungan suporter sebesar Liverpool.

Salah satu suporter yang hadir pada laga tersebut menulis surat ke FA tentang kondisinya kala menonton kemenangan 2-1 Liverpool atas Nottingham Forest tersebut.

"Seluruh area penonton padat ke titik di mana saya tak bisa bergerak dan saya beserta semua merasakan ketakutan terhadap keselamatan pribadi kami," tulis suporter tersebut.

Baca Juga:

"Payung yang saya bawa patah karena terhimpit penghalang di depan saya. Ketakutan saya begitu besar sehingga saya keluar pada tengah babak, nyawa saya lebih penting ketimbang menonton babak kedua," lanjutnya.

Sadar akan hal ini, Robinson meminta FA melihat beberapa alternatif stadion lain, termasuk Old Trafford, tapi hanya mendapat jawaban singkat "Komite telah memilih Hillsborough".

Independent mengungkapkan kalau FA tak pernah mengakui kalau mereka melakukan kesalahan fatal dengan tidak menggubris permohonan Robinson tentang Hillsborough, yang tak memiliki sertifikat keamanan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Independent


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X