Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerman Vs Italia, Mencari Pelapis Neuer

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 29 Maret 2016 | 20:20 WIB
Kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer, beraksi dalam partai Liga Champions melawan Arsenal di Stadion Emirates pada 20 Oktober 2015.
PAUL GILHAM/GETTY IMAGES
Kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer, beraksi dalam partai Liga Champions melawan Arsenal di Stadion Emirates pada 20 Oktober 2015.

Manuel Neuer (30) dipastikan tidak akan menjaga gawang Jerman dalam laga kontra Italia di Allianz Arena, Selasa (29/3/2016) karena sakit perut. Pelatih Die Mannschaft. Pelatih Joachim Loew dihadapkan pada tiga alternatif pengganti kiper nomor satu Jerman tersebut.  

Tiga nama tersebut adalah Bernd Leno, Kevin Trapp, dan Marc-Andre ter Stegen. Kemungkinan besar, dua dari tiga nama tersebut akan diangkut Loew ke Euro 2016 sebagai pelapis Neuer.

Dari tiga nama tersebut, Ter Stegen (23) sudah lebih dulu ‘dicoba’ oleh Loew. Jelang Euro 2012, kiper FC Barcelona itu masuk ke skuat provisional Jerman.  Nahas bagi dia. Debut Ter Stegen kala itu tidak cemerlang.

Ketika diberi kepercayaan menjadi starter dalam uji coba melawan Swiss, Ter Stegen kebobolan lima kali. Jerman kalah 3-5, dan nama Ter Stegen dicoret saat Loew mengumumkan skuat finalnya ke Polandia dan Ukraina.

Mantan kiper Borussia Moenchengladbach tersebut juga sempat masuk pertimbangan Loew saat menyeleksi pemain untuk Piala Dunia 2014.  Lagi-lagi, penampilan di uji coba yang tidak memuaskan membuat Loew menepikan Ter Stegen.

Namun, performa Ter Stegen bersama Barcelona dua musim terakhir ini ternyata cukup untuk membuat Loew kembali meliriknya.

Memang, di Barca, pemuda kelahiran Moenchengladbach tersebut diplot oleh pelatih Luis Enrique sebagai ‘kiper turnamen’ yang turun di kompetisi seperti Copa del Rey atau Liga Champions.

Toh, di dua turnamen tersebut, Ter Stegen membuktikan kepantasannya bermain di tim sekelas Barcelona. Di Liga Champions musim 2015-2016, misalnya, ia baru kebobolan lima gol. Dari delapan pertandingan, ia mencatat tiga kali clean sheet.

Koran El Mundo Deportivo juga pernah memuji gaya bermain Ter Stegen. “Ter Stegen terlihat seperti gelandang bertahan saat menghentikan bola. Ia juga sanggup mendistribusikan bola dengan efektif,” tulis surat kabar tersebut.

Dengan usia yang cukup muda dan pengalaman bertanding yang semakin terasah bersama Barcelona, bukan tidak mungkin Loew akan memberi kepercayaan kepada Ter Stegen untuk turun melawan Italia.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X