Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zidane Pantang Panik tanpa BBC

By Sabtu, 30 Januari 2016 | 11:39 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, sesaat menjelang dimulainya laga kontra Real Betis di stadion Benito Villamarin, Seville, 24 Januari 2016.
GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, sesaat menjelang dimulainya laga kontra Real Betis di stadion Benito Villamarin, Seville, 24 Januari 2016.

Keperkasaan Real Madrid di bawah kendali Zinedine Zidane terhenti pada akhir pekan kemarin. Tepatnya saat mengantongi satu poin dari kunjungan ke markas Real Betis. Kendala baru mengemuka berkaitan dengan adaptasi pakem alternatif.

Penulis: Indra Citra Sena

Musim ini Madrid terbiasa menggunakan dua formasi, yaitu 4-2-3-1 dan 4-3-3. Tujuan utama dari sepasang pola tersebut adalah mengakomodasi Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo atau yang dikenal dengan sebutan Trio BBC.

Sejak memulai kebersamaan pada edisi 2013/14, Trio BBC adalah sumber ketajaman Madrid sehingga siapa saja yang menduduki jabatan pelatih berkewajiban memaksimalkan potensi ketiga pemain ini.

Bila mereka merasa terakomodasi, tentu gol demi gol akan mengalir secara otomatis.

Lihat saja permainan Trio BBC saat mengalahkan Deportivo La Coruna (9/1) dan Sporting Gijon (17/1).

Total 10 gol yang disarangkan Madrid dalam dua pertandingan itu selalu melibatkan Bale, Benzema, atau Ronaldo, entah sebagai pencetak gol maupun pemberi assist.

Situasi berbeda terjadi ketika menghadapi Betis. Ketiadaan Bale, yang mesti terkapar di ruang perawatan akibat cedera betis, memaksa Madrid, dalam hal ini Zidane, memutar otak dan mengambil keputusan berani demi melanjutkan tren kemenangan tim.

Keputusan berani yang dimaksud adalah tetap memakai pola 4-3-3 dengan menyertakan Jese Rodriguez sebagai pengganti Bale atau menjajal formasi lain.


Jese Rodriguez, saat merayakan gol ke gawang Levante di Stadion Santiago Bernabeu pada 17 Oktober 2015.(DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.651


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X