Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kilas Balik 2015: Juventus Raja Italia

By Kamis, 31 Desember 2015 | 20:15 WIB
Para pemain dan ofisial Juventus merayakan keberhasilan mereka menjuarai Coppa Italia 2014-2015 usai mengalahkan Lazio di Stadio Olimpico, Roma, Italia, pada 20 Mei 2015.
PAOLO BRUNO/GETTY IMAGES
Para pemain dan ofisial Juventus merayakan keberhasilan mereka menjuarai Coppa Italia 2014-2015 usai mengalahkan Lazio di Stadio Olimpico, Roma, Italia, pada 20 Mei 2015.

Juventus menunjukkan diri sebagai salah satu tim terbaik di Eropa. Bukan hanya mereka tak tersentuh di level domestik, mereka juga sulit dikalahkan di kompetisi antarklub Eropa.

Penunjukan Massimiliano Allegri sebagai pengganti Antonio Conte, yang pergi hanya dua hari sebelum masa pramusim dimulai, menghadirkan beragam reaksi.

Namun, Allegri malah melakukan hal yang tak bisa dilakukan pendahulunya, dengan menggunakan tim yang mayoritas masih merupakan bawaan Conte!

Pada musim itu, Juve nyaris meraih treble. Satu-satunya kegagalan ialah ketika tak mampu mengalahkan Barcelona di final Liga Champions. Allegri memimpin timnya menjuarai Serie A dan Coppa Italia.

Allegri mengubah pendekatan dengan menjadikan Juventus lebih ofensif tanpa menghilangkan kekuatan lini belakangnya. Di Eropa, Allegri berani meninggalkan sistem 3-5-2.

[video]http://video.kompas.com/e/4669081197001_ackom_pballball[/video]

Pilihan Allegri jatuh kepada sistem 4-3-1-2. Biasanya, Roberto Pereyra atau Arturo Vidal yang berperan sebagai gelandang serang di belakang dua bomber.

Sistem empat bek itu juga sering digunakan di Serie A dengan kombinasi sistem 4-3-2-1 atau 4-3-3.


Paul Pogba dan Carlos Tevez merayakan kemenangan Juventus di final Coppa Italia, 20 Mei 2015 di Roma, Italia(GIUSEPPE BELLINI/GETTY IMAGES)

Juventus di Serie A masih terlalu kuat. Lihat saja jarak 17 angka dengan AS Roma yang ada di peringkat dua. Padahal, I Lupi diharapkan bisa menjadi penantang serius buat Juventus.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA Edisi 2.647


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X