Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roberto Firmino: Kisah Klasik Pemuda Brasil

By Jumat, 11 Desember 2015 | 11:23 WIB
Roberto Firmino, beraksi saat Liverpool bertandang Etihad Stadium, kandang Manchester City, di laga lanjutan Premier League, 21 November 2015.
MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES
Roberto Firmino, beraksi saat Liverpool bertandang Etihad Stadium, kandang Manchester City, di laga lanjutan Premier League, 21 November 2015.

Jalan hidup Roberto Firmino (24) serupa dengan kisah klasik pemuda Brasil pada umumnya. Mereka mencari harapan dari sepak bola.

Firmino lahir dari keluarga miskin. Sang ayah, Jose Roberto, merupakan penjual minuman dalam gerobak di sekitar konser atau festival. Sang ibu, Maria Cicera, fokus mengurus Roberto kecil dan sang adik perempuan.

Firmino tumbuh di Kota Maceio. Kota itu memiliki pantai indah, namun menurut Firmino punya kultur kekerasan antargeng.

Demi mewujudkan mimpinya menjadi pesepak bola top, ia memutuskan pergi dari klub setempat, Club de Regatas Brasil (CRB), menuju jauh ke selatan ke Kota Florianopolis, tempat Figueirense bermarkas, di usia 16 tahun.

"Sangat sulit buat meninggalkan keluarga. Ibu bahkan menangis setiap hari selama setahun. Itulah hidup. Anda harus berani mengejar mimpi, dan untungnya, di sinilah saya berada," kata Firmino dalam wawancaranya dengan The Telegraph.

[video]http://video.kompas.com/e/4655124569001_ackom_pballball[/video]

Ia bermain selama 1,5 tahun di Serie B Brasil, sebelum akhirnya promosi. Pada 2010. ia lantas pergi ke Jerman guna memperkuat Hoffenheim. Perjuangan dan pengorbanan itu tak berhenti saat membuat keputusan pergi ke Jerman.

Di negeri asal Mercedez Benz, BMW, Audi dan sejumlah mobil top lainnya itu, ia juga harus berhadapan dengan kultur, bahasa, serta iklim yang baru, dan juga level kompetisi yang jauh lebih ketat.

Baca Juga: Klopp dan Firmino Silang Pendapat soal Peran Striker 'Siluman'

"Saya pasti berangkat. Itulah hal yang ada di kepala ketika tawaran Hoffenheim datang. Saya tak pernah takut. Saya selalu berani membuat keputusan. Saya tahu akan menghadapi banyak hal baru. Namun, saya pergi sebagai guerreiro (pejuang) dan siap menghadapi tantangan," ucapnya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA 2.644


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X