Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valencia vs Barcelona, Dibayangi Tiga Rekor Sukses

By Sabtu, 5 Desember 2015 | 15:30 WIB
Pemain Barcelona FC melakukan selebrasi setelah memasukkan gol saat pertandingan antara Barcelona FC dan Real Sociedad di Camp nou, Barcelona 28 November 2015
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Pemain Barcelona FC melakukan selebrasi setelah memasukkan gol saat pertandingan antara Barcelona FC dan Real Sociedad di Camp nou, Barcelona 28 November 2015

Jose Manuel Rielo tercatat sebagai satu-satunya pelatih yang mampu mencatat rekor kemenangan 100% bagi Valencia. Tepat di belakangnya, ada nama Salvador Gonzalez, yang mengukir rekor kemenangan 80%.

Keduanya sama-sama tak melegenda di Mestalla. Mungkin karena durasi kerja mereka hanya sebatas dua dan lima partai saja. Rielo pada Maret 1994 hanya menjadi caretaker sebelum kedatangan Guus Hiddink.

Rielo juga sempat dua kali lagi menjadi caretaker sebelum Valencia menunjuk Luis Aragones (Juni 1995) dan Jorge Valdano (November 1996).

Sementara itu, Voro, nama akrab Salvador, lima kali memimpin El Che sesaat setelah terdepaknya Ronald Koeman dari kursi pelatih pada April 2008.

Tak seperti Rielo yang tiga kalidipilih dalam rentang waktu relative singkat, Voro kembali ditunjuk membesut Valencia setelah jeda tujuh tahun.

Ada kesamaan nasib di antara para pengganti pelatih di tengah jalan itu. Baik Rielo, Voro, bahkan Ernesto Valverde yang meneruskan kinerja Mauricio Pellegrino, dan Juan Antonio Pizzi yang mengambil tongkat estafet dari Miroslav Djukic, sama-sama melakoni debut dengan kemenangan.

[video]http://video.kompas.com/e/4646632633001_ackom_pballball[/video]

Sial bagi Voro, saat melanjutkan pekan ke-14 Primera Division La Liga 2015-2016 bayangan sejarah sukses masa lalu berpotensi menjadi bencana besar.

Maklum, lawan yang akan mengadang Dani Parejo dkk adalah Barcelona, tim yang belakangan sedang melaju luar biasa kencang di seluruh kompetisi.

“Dalam situasi di mana baru terjadi pergantian pelatih, atmosfernya akan terasa agak aneh dan seluruh personel akan menderita. Namun, ini hal biasa di sepak bola dan kami harus segerabangkit. Jika kami memberikan hasil baik,penonton akan mendukung kami,” kata Voro di As.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X