Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain dan Pelatih di TNI, Kembali ke Era 1950-an

By Firzie A. Idris - Kamis, 20 Agustus 2015 | 15:40 WIB
Rahmad Darmawan, contoh sepak bola dan militer.
Herka Yanis Pangaribowo/BOLA
Rahmad Darmawan, contoh sepak bola dan militer.

Banyaknya pesepak bola muda Indonesia yang memburu karier di jalur militer mengingatkan masyarakat pada situasi Indonesia di era 1950-an.

Pada era itu, seleksi pemain sepak bola di klub banyak mengambil dari PS Angkatan Darat. Oleh sebab itu, pemain yang memperkuat tim nasional sudah berprofesi sebagai tentara.

Contohnya adalah pemain yang tampil di Olimpiade 1956, seperti Maulwi Saelan, Jasrin Jusron, dan Kholil Danoe Atmojo.

"Di jajaran pelatih PSIS era 1950-an semuanya berasal dari kalangan militer," kata Sartono Anwar, pelatih asal Semarang.

Tren pesepak bola dari kalangan militer menurun mulai 1980-an. Pada masa itu, pemain yang dianggap berjasa oleh klub biasanya diberi pekerjaan menjadi pegawai bank, BUMD, dan menjadi PNS.

Hal itu menjadi tradisi bagi kepala daerah yang mengepalai klub perserikatan. Tradisi tersebut lama-lama memudar seiring dengan berjalannya waktu.

Tuntutan sepak bola menjadi profesional akhirnya melepaskan relasi antara kepala daerah dan klub.

"Di era saya (2000- an) masih banyak pemain yang ditempatkan di instansi. Tapi, sepertinya sekarang sudah mulai jarang," tutur Agus Santiko, mantan kapten Persiku Kudus yang kini bekerja di PDAM.

Wirausaha dan Militer

Tahun 2015 terjadi fenomena yang mengubah halua n para pesepak bola. Penyebabnya faktor ketidakstabilan kompetisi.


Editor :
Sumber : Harian BOLA 20 Agustus 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X