Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fakta Unik Sepak Bola Inggris Hasil Riset The BBC

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 22 Oktober 2014 | 13:23 WIB
Suporter tim kota London Queens Park Rangers
Paul Gilham/Getty Images
Suporter tim kota London Queens Park Rangers

The BBC merilis fakta dan temuan menarik dari hasil studi mereka berjudul Price of Football. Studi ini memadukan faktor ekonomi dan fenomena kehidupan di seputar sepak bola sebagai kajian.

BBC melakukan riset terhadap prilaku menonton sepak bola di Inggris Raya. Riset dilakukan terhadap 176 klub profesional dan semi profesional di Inggris ditambah 31 klub lainnya dari benua Eropa. Beberapa fakta menarik ditemuka dari hasil riset tersebut :

1. Harga jersey klub Hull City adalah yang termurah dibanding klub Inggris lainnya.

Bandingkan dengan banderol harga untuk jersey Manchester United yang berkisar di angka 55 pounds atau sekitar Rp 1juta. Sementara Hull hanya menjual jersey dengan harga sekitar 750 ribu rupiah.

2. Gaji Falcao sebagai striker setara dengan harga 75 ribu buah kue pie.

Kenapa kue pie ? Karena padda umumnya kue pie menjadi camilan para suporter sebelum menonton aksi bintang pujaan mereka bermain.
Radamel Falcao striker Manchester United memiliki gaji bersih setelah dipotong pajak per pekan sekitar 189 ribu pounds. Bila gaji tersebut digunakan untuk membeli kue pie tadi, maka 75.715 penonton yang datang ke Old Trafford bisa mendapat 1 buah kue pie gratis seharga 2.5 pounds.

3. Belanja makanan ringan termahal ada di Stadion Anfield dan Old Trafford.

Suporter sepak bola Inggris terbiasa menikmati makanan ringan sebelum meonton pertandingan. Kebiasaan minum teh hangat bagi masyarakat Inggris adalah ritual yang tidak dilewatkan saat laga digelar. Harga secangkir teh termahal adalah yang dijual di Stadion Anfield dan Old Trafford.
Suporter harus merogoh kocek 2.5 pounds atau hampir 50 ribu rupiah per cangkir.

4. Arsenal adalah klub dengan harga tiket termahal.

Harga tiket satu musim atau per laga klub yang berbasis di kota London umumnya cukup mahal. Tapi harga tiket Arsenal adalah yang termahal tidak hanya di kota London tapi juga di Inggris.
Harga tiket satu musim Arsenal berada di kisaran 1.000 hingga 2000 pounds setara dengan 19 hingga 38 juta rupiah.  Sebaliknya juara bertahan Manchester City menjual harga tiket satu musimnya hanya seharga 299 pounds atau 5.7 juta rupiah saja. Dan harga tiket nonton per laga termurah adalah di Stadion Saint James Park kandang Newcastle United hanya 15 pounds saja.


Editor : Peksi Cahyo Priambodo
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X